Tentang Yayasan Pintar Pemersatu Bangsa

0

PROFILE

Yayasan Pintar Pemersatu Bangsa merupakan yayasan yang memfokuskan kegiatannya  pada bidang pendidikan dan sosial kemanusiaan. Permasalahan pemerataan pendidikan yang baik bagi seluruh warga Negara Indonesia masih jauh dari harapan, masih banyak warga masyarakat yang belum  mendapatkan pendidikan dasar yang layak dan merata dengan berbagai permasalahan yang ada, berangkat dari rasa keprihatinan dan kepedulian kami pada pemerataan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat  maka dibentuklah Yayasan Pintar Pemersatu Bangsa melalui Akte Notaris No. 15 Tanggal 27 Juli  Tahun 2017 dengan Nomor AHU-0014497.AH.01.12. Tahun 2017 sebagai suatu lembaga yang peduli dan ingin turut aktif membantu pengembangan  pendidikan dan pemberdayaan masyarakat serta membantu kegiatan sosial Kemanusiaan.

Sejalan dengan misi Yayasan Pintar Pemersatu Bangsa, melalui Program “Kita Peduli, Kita Berbagi”   memberikan kesempatan yang luas bagi siswa siswi Sekolah Dasar yang kurang mampu namun ingin belajar Bahasa Inggris yang berada di Depok dan sekitarnya untuk mengikuti Kursus Bahasa Inggris Gratis yang diselenggarakan oleh Yayasan Pintar Pemersatu Bangsa. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2015 dan masih terus berlangsung dan direncanakan untuk bisa diselenggarakan di tempat-tempat lain di luar Kota Depok.

Berkaitan dengan Program Pemberdayaan Masyarakat (Community Empowerment)  Yayasan Pintar Pemersatu Bangsa juga memberikan Pelatihan Bahasa Inggris gratis kepada guru-guru PAUD, TK dan juga guru-guru SD untuk membekali mereka dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik, sehingga setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para guru akan lebih percaya diri untuk  mengajar Bahasa Inggris di sekolah-sekolah tempat mereka bertugas.

  1. LATAR BELAKANG

Pemberdayaan masyarakat merupakan istilah yang diangkat dari hasil penelitian seorang sarjana pendidikan non formal Suzanne Kindervatter dalam bukunya Non formal as An Empowering process, secara sederhana pengertian Pemberdayakan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi sekarang tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkat kemiskinan dan keterbelakangan. Dengan kata lain pemberdayaan masyarakat bermaksud untuk mengembangkan kemampuan masyarakat agar memiliki keterampilan untuk mengatasi masalah-masalah mereka sendiri.

Masyarakat yang berdaya adalah masyarakat yang hidup dalam suatu masyarakat madani (civil society), yakni suatu masyarakat yang percaya atas kemampuan para anggotanya untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik serta masyarakat yang menyadari akan hak-hak dan kewajibannya dalam hidup bermasyarakat dimana kondisi pemberdayaan akan terwujud apabila anggota masyarakat memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang baik agar semakin berdaya.

Berdasarkan uraian singkat diatas dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan sangat identik dengan pendidikan dan merupakan hakekat pendidikan itu sendiri, karena apa yang disebut dengan pendidikan termasuk pendidikan luar sekolah atau pendidikan non formal adalah usaha memberdayakan manusia, memampukan manusia, mengembangkan talenta-talenta yang ada pada diri manusia agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, cerdas, terampil dan mandiri.

TENTANG KAMI

Yayasan Pintar Pemersatu Bangsa merupakan sebuah yayasan yang memfokuskan kegiatannya pada bidang pendidikan dan sosial kemanusiaan. Permasalahan pemerataan pendidikan yang baik bagi seluruh warga Negara Indonesia masih belum sesuai dengan harapan, masih banyak warga masyarakat yang belum mendapatkan pendidikan dasar yang layak dan merata dengan berbagai permasalahan yang ada.

Berangkat dari rasa keprihatinan dan kepedulian kami pada dunia pendidikan di tanah air, maka dibentuklah Yayasan Pintar Pemersatu Bangsa melalui Akte Notaris No. 15 Tanggal 27 Juli Tahun 2017 sebagai suatu lembaga yang peduli untuk turut aktif secara langsung dalam membantu pengembangan pendidikan dan pemberdayan masyarakat serta membantu kegiatan sosial kemanusiaan.

Kegiatan-kegiatan yang telah kami lakukan  adalah :

  1. Program Kursus Bahasa Inggris Gratis kepada siswa-siswi Sekolah Dasar Kelas 1 s/d Kelas 6  di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok.
  2. Program Kursus Bahasa Inggris Gratis kepada guru-guru PAUD dan TK se Kecamatan Sukmajaya Kota Depok,
  3. Pemberian bantuan paket buku sekolah kepada 130 siswa siswi di Madrasah Ibtidaiyah Cibeureum Legok Sukabumi.
  4. Pemberian bantuan Sembako dan Santunan kepada anak-anak Yatim dan Dhuafa.
  5. Pemberian bantuan fisik sekolah, white board, meja dan kursi belajar untuk sekolah MI di Cibeureum Legok, Sukabumi.
  6. Pembangunan Toilet siswa di sekolah Madrasah Ibtidaiyah di Cibeureum Legok, Sukabumi.

 

  1. KEGIATAN-KEGIATAN YANG AKAN SEGERA KAMI LAKSANAKAN

Yayasan Pintar Pemersatu Bangsa sejalan dengan visi dan misinya akan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, program yang akan segera dilaksanakan adalah:

  1. Memberikan Kursus Bahasa Inggris Gratis selama 3 bulan untuk 156 orang guru-guru TK, PAUD, dan RA di Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
  2. Memberikan Kursus Bahasa Inggris Gratis selama 3 bulan untuk 40 orang guru TK dan PAUD di Kecamatan Cilodong Kota Depok, Jawa Barat.
  3. Membangun Rumah Pintar di Desa Pasir Angin Cipicung Bogor.
  4. Memberikan Santunan dan Bantuan rutin ke anak-anak yatim dan dhuafa.

Untuk pertanyaan-pertanyaan yang ingin disampaikan dan penjelasan lebih lanjut mengenai program kegiatan ini, silahkan menghubungi kami di :

  1. 0812 9807 1568 dengan Ferry Wibowo, S.E., M.Pd.
  2. 0857 1124 1899 dengan Alex Abdul Malik, S.E.
  3. 0838 2737 6539 dengan Cecep Nurhidayat, S. Pd. I

Email : ferry1568@gmail.com

  1. Donasi

Donasi dan bantuan Anda akan kami gunakan untuk Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Kegiatan Pendidikan Gratis. Kirimkan bantuan Anda melalui Bank BNI Nomor Rekening  0603238430 a/n. Yayasan Pintar Pemersatu Bangsa. 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here