Wagub Jabar: Pariwisata Dongkrak PAD Tanpa Memberatkan Masyarakat

0

SUMEDANG, Voiceofjabar.com – Pemda Provinsi Jawa Barat akan terus mendorong pengembangan potensi pariwisatanya. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berharap, pariwisata bisa berkontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) daerah tanpa memberatkan masyarakat.

Hal itu dikatakan Uu saat menghadiri Festival Jatigede di Lapangan Tegal Jarong, Desa Cijeungjing, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Minggu (30/9/18).

Menurut Uu, PAD dari sektor pariwisata tidak akan memberatkan masyarakat karena memberikan timbal balik yang menyenangkan. Berbeda dengan PAD dari retribusi atau pajak

“Yang namanya pariwisata ini meningkatkan PAD tanpa memberatkan masyarakat. Kalau PAD meningkat dari retribusi masyarakat itu berat, tapi kalau PAD meningkat dari wisata tidak akan berat,” kata Uu.

“Kenapa? Karena sekalipun masyarakat mengeluarkan uang banyak, tetapi ada feed back yaitu kebahagiaan dan kesenangan, jadi tidak terasa. Bahkan lebih banyak mengeluarkan untuk wisata dibanding pajak,” jelasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here