Wabup Tasik: Kemiskinan Merupakan Masalah Fenomenal Multidimensi

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Kemiskinan di Kabupaten Tasikmalaya masih menjadi sorotan. Data Bappeda melansir kemiskinan di Kabupaten Tasik mencapai 258.000 jiwa atau 11,63% dari total penduduk.

Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto menerangkan kemiskinan merupakan permasalahan fenomenal multidimensi. Sehingga dalam mengartikannya tidak mesti mengarah pada kecilnya pendapatan saja. Melainkan pada hal lainnya yang juga menjadi kriteria seseorang itu pantas disebut miskin.

“Kemiskinan tidak hanya berbicara pendapatan kecil tetapi juga kepada apakah seseorang memiliki kemampuan untuk produktif untuk melanjutkan kehidupannya, artinya mempunyai pekerjaan atau tidak seperti itu maksudnya,”ungkap Ade dalam acara Sosialisasi Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD) 2016-2021 di Hotel City, Tasikmalaya, Kamis (2/11).

Sisi lain, lanjut Ade, problem kemiskinan juga berpengaruh ke hal-hal krusial lainnya. Misal pada akses layanan kesehatan yang bagi warga miskin cukup sulit. Oleh karena itu, ia berharap pejabat terkait dapat meningkatkan fungsi Unit Pelayanan Cepat Kesehatan (UPCK) serta menghimbau segenap SKPD agar lebih mempermudah dan mempermurah urusan masyarakat dalam mengakses kesehatan tersebut.

“Bagaimana caranya setiap SKPD jangan hanya membuat program kira-kira memang programnya hanya sekedar “gumasep” jadi jangan mementingkan orang dekat saja,”tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya Hendri mengatakan dokumen SPKD 2016-2021 sudah rampung. Oleh sebab itu, perlu disampaikan kepada para pejabat daerah agar bisa diterapkan kepada masyarakat.

“Sebenarnya hal ini sudah dipaparkan presiden tapi kami bahas lebih dalam lagi mengenai strategi pengentasan kemiskinan,” katanya.

Oleh sebab itu, dinas-dinas terkait nantinya akan bekerja sesuai dengan tupoksinya. “Misalnya untuk kesehatan ada Unit Pelayanan Cepat Penanggulangan Kemiskinan (UPCPK). Lalu, untuk ekonomi ada pembinaan UMKM dan banyak lagi,” ujarnya. (jang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here