Wabup Helmi, Rp1 M Tangani Untuk Stunting

0

GARUT, voiceofjabar.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, pada tahun 2019 menyiapkan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk penanganan anak kerdil (Syuting) yang di akibatkan kekurangan gizi kronis.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Kamis (29/11/2018) usai menghadiri sidang paripurna DPRD Garut di Hotel Santika, Jalan Cipanas, Garut.

“Untuk penanganan stunting udah di anggarkan dalam APBD Garut 2019, yang saat ini dalam pembahasan,”katanya.

Helmi mengatakan, selain menyiapkan anggaran melalui APBD Garut, pemerintah Kabupaten juga mengajukan pada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Barat.

“Kami juga meminta para Pemerintah Provinsi Jabar, agar Garut dijadikan sebagai pilot project dalam penanganan stunting ini,” kata Helmi.

Ia menuturkan, penderita stunting di Kabupaten Garut, masuk paling terbesar di Jawa Barat. Di Garut sendiri penderita merata di setiap Kecamatan.

“Di Garut bukan saja di 8 Kecamatan, melainkan penderita itu ada di 42 Kecamatan,” ujarnya.

Helmi menjelaskan, dalam penanganan stunting perlu dukungan dari berbagai pihak, termasuk semua leading sektor. Yang mana Pemkab Garut baru mampu menyiapkan anggaran sebesar Rp1 miliar.

Sementara Ketua Komisi IV, DPRD Garut, Asep D Maman, mengatakan, pihaknya terus mendorong agar Pemkab Garut serius dalam penanganan penyakit stunting, yang saat ini angkanya tinggi.

“Kita dorong Pemkab Garut serius dalam menangani stunting,”ujarnya.

Ia mengaku, penanganan stunting harus dilakukan secara bersama-sama baik Pemkab Garut, Pemprov Jabar dan Pemerintah Pusat.

“Harus bersama-sama dalam penanganan stunting ini, termasuk SKPD yang ada di Garut,” akunya. Sandi***

Editor : Firdaus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here