Trauma Healing, Dinsos Kota Banjar Datangkan Psikolog Unpad

0

Kota Banjar, Voiceofjabar.com -Sudah sepekan kasus pencabulan  anak di bawah umur di Kota Banjar, Jawa Barat bergulir. Kini mulai masuk tahap pemulihan termasuk terhadap korban dan para pelaku.

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Anak Kota Banjar melalui Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) melakukan penanganan khusus terhadap korban pencabulan.

Yakni dengan pendampingan hukum, pemulihan fisikis anak (trauma healing) serta pemulihan kesehatan anak.

Kepala bidang Permberdayaan Perempuan dan Anak Dinsos PPA Kota Banjar Ika Kartikawati menuturkan pihaknya akan mendatangkan pisikolog dari Universitas Padjajdaran untuk pemulihan  korban.

Kendati korban dan pelaku sudah diperbolehkan bersekolah, penanganan masih terus dilakukan.

“Untuk penanganan para pelaku kami bekerja sama dengan lingkungan seperti dengan ulama, tokoh masyarakat, RT, RW agar ada pembinaan khusus untuk pelaku dan orang tuanya,” terang Ika  kepada media, Rabu, (3/4/).

Masih kata Ika, P2TP2A sudah beberapa kali mengunjungi korban dan para pelaku. Semua itu dilakukan agar si anak tidak minder dan merasa dikucilkan.

Ika pun berharap kepada masyarakat agar bisa memperhatikan pergaulan anak, mulai dari pergaulan di lingkungan, memeriksa hand phone, ajak berkomunikasi dengan baik antara orang tua dan anak.

“Lebih baik anak di bawah umur jangan diberi handphone dulu, kalau toh terpaksa kasih aja hand phone biasa jangan yang smart phone,”tutupnya. (ton)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here