Tiga tahun lebih SDN Pasirhuni 2 Nyaris Ambruk, Bantuan Pemerintah belum juga datang

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – SD Negeri
Pasirhuni 2, Kampung Cipaheuteun, Desa Pasirhuni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya kondisinya sangat memprihatinkan. Beberapa ruang tempat belajar tak layak dipakai.

Ruang kelas 3, dinding retak cukup besar. Sedangkan di kelas 4, atap nyaris ambruk hingga terpaksa harus memakai tiang bambu sebagai penyangga. Benar-benar mengerikan.

Anak didik pun terpaksa harus belajar lesehan sembari lesehan. Kepala SDN 2 Pasirhuni Iin sutisna MPd mengatakan kerusakan tersebut sudah lama terjadi. Kemudian diperparah lagi dengan guncangan gempa 4,5 skala richter bulan Juli lalu.

“Pasti ada rasa khawatir dengan keselamatan para anak didik. Mereka terpaksa bersekolah di ruang kelas yang kondisinya memprihatinkan,” ujar Iin, Kamis (12/9/2019).

Diakuin Iin, selama tiga tahun terkahir, pihak sekolah telah menempuh berbagai upaya agar sekolah dibenahi Misal pengajuan bantuan rehabilitasi sekolah ke Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.

Tak hanya itu, lanjut Iin, sudah banyak konsultan dan perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Tasik melalui dinas terkait yang terjun langsung melihat kondisi sekolah.
“Pengajuan kepada dinas terkait sudah dilakukan, dan berharap pemerintah daerah peduli dengan kondisi sekolah yang nyaris ambruk ini. Kasian anak-anak tidak nyaman belajar di ruangan seperti ini,” kata Iin.

Menurut Iin, jika tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan ruang kelas itu akan roboh dan menimpa para siswa dan guru yang melakukan aktivitas belajar mengajar di kelas. Seharusnya dengan kondisi bangunan yang hampir roboh seperti itu, bisa menjadi perhatian penuh pemerintah karena keberadaan sarana pendidikan itu merupakan wadah membina masa depan anak bangsa

“Mau tidak mau para murid masih memakai ruangan kelas 4 ini, karena kami tidak memiliki ruang lain untuk kami tempati,” pungkas Iin. (man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here