Tepis Info Hoax, Bupati Garut Anggap FK-KIM Mitra Strategis

0

Garut, Voiceofjabar.com – Dalam balutan suasana malam Penganugerahan Kims Garut Award 2018 bagi para penggiat Informasi, Jajaran Kepengurusan Forum Komunkasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan, di Gedung Pendopo Garut, Kamis (27/09) malam.

Bupati Garut, H Rudy Gunawan SH MH menekankan FK-KIM Kabupaten Garut dibentuk berdasarkan Undang-undang untuk membantu pihak pemerintah dalam Desiminasi Informasi serta hal lainnya yang relevan sesuai tugas pokok dan Fungsi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

“Ini perintah Undang-undang, maka Kepengurusan FK-KIM dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Bupati Garut sehingga berbeda dengan organisasi-organisasi lainnya, tentu saja Pemerintah Kabupaten Garut juga wajib memberikan penyertaan anggaran dalam perjalannya,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan.

Ia menyebut saat ini para era keterbukaan informasi, maka kehadiran FK-KIM merupakan mitra strategis pemerintah khususnya bagi kabupaten Garut dalam menyebarluaskan informasi serta menepis dan mengurangi peredaran berita-berita palsu atau hoax berbau sara yang dapat mengancam perpecahan antar warga masyarakat.

IMG-20180928-WA0103-768x515.jpg

“Semoga Kehadiran FK-KIM di bawah kepengurusan yang baru saja dilantik dan dikukuhkan dapat langsung bekerja dan memberikan pengaruh signifikan di dalam dunia informasi dan komunikasi publik,” ujarnya.

Bupati Garut juga menyampaikan sederet penghargaan yang diberikan kepada para penggiat Informasi Kabupaten Garut dari berbagai latar belakang dalam empat Kategori penghargaan di antaranya Kimers Garut Award 2018 yang diterima Pengelola Akun Medsos dari Komunitas Garut Turunan Kidul, PT. Tama Cokelat Indonesia, PT Herlina Cipta Pratama, Bappeda Kabupaten Garut, KPU Kabupaten Garut.

Pada Kategori Kimers Garut Achievment 2018 penerima Anegarah masin-masing adalah Yudi Nugraha Lasminigrat, Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna SIK, Dandim 0611 Garut Letkol Inf. Asyraf Azis S Sos, pengusaha sepatu Mangrupa Iwan Setiawan, serta Ketua Baznas Kabupaten Garut Rd H Aas Kosasih S Ag M Si.

Sementara untuk kategori Kimers Life Time Achievment mendiang Jurnalis dan Penulis Sekenario Film Yoyo Dasrio dan Penyiar senior Sturada Kabupaten Garut Mang Udin dinobatkan menerima Anugerah tersebut.

Penghargaan Istimewa yang diberikan Masyarakat Penggiat Informasi Kabupaten Garut  pada Malam Anugerah Tersebut adalah Kimers Gold Life Time Achievment 2018 kepada pahlawan perempuan Kabupaten Garut RA Lasminingrat sebagai Ibu literasi.

Rangkaian acara yang dibingkai dengan Mini Expo Applikasi dan Malam Anugerah Kimers Garut Award 2018 tersebut juga menghadirkan talenta-talenta dunia hiburan seperti Mahadiffa pemilik Singgle Bintang Jatuh, Trio Oke Grup dengan persembahan Tari Kolaborasi Topeng Poek dengan Band Pengiring Lasminingrat Band.

Sentuhan tata Panggung dan produksi Konten persembahan dari Bolan Films dan K7 Production serta Broadcasting SMKN 2 Garut dibawah arahan langsung Rahmat Abul Haris, Janur M. Bagus, Usep Deni Bolan, Amang Rofik dan para kreator lainnya. (red)

hariangarut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here