Tanjakan Aman Lebih Pas Gantikan Tanjakan Emen

0

BANDUNG, Voiceofjabar.com – Kecelakaan tragis di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat belum lama ini menuai banyak sorotan. Beberapa cerita mitos yang dikaitkan di dalamnya juga menjadi pembahasan tersendiri bagi sekalangan pihak.

Bahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat sedang merancang untuk mengganti nama tanjakan maut tersebut. Nama yang dianggap tepat untuk mengganti Tanjakan Emen adalah dengan nama Tanjakan Aman.

“Mulai saat ini kami sepakat dengan Pak Dirjen Hubdar, nama Tanjakan Emen kita ganti menjadi Tanjakan Aman,”ungkap Wakil Ketua Komisi IV Daddy Rohanady, Kamis.

Gagasan pergantian nama itu, kata dia, bukan sekedar mengganti melainkan linear dengan aspek-aspek penunjang keamanan di sepanjang tanjakan seperti pemasangan rambu-rambu peringatan dan tempat penyelamatan darurat (areal escape).

Hal tersebut dirasa perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi guna memberi rasa aman bagi pengendara yang melintas. Sebab, tanjakan tersebut cukup curam dan mengerikan.

“Semua itu tentu saja dimaksudkan agar tidak terjadi lagi kecelakaan, khususnya di lokasi, dan umumnya di sepanjang ruas jalan yang cukup panjang,”ujarnya.

Emen adalah nama panggilan seorang purnawirawan TNI yang kemudian menjadi sopir truk. Nama aslinya Taslim. Pada tahun 1965 ia mengalami kecelakaan di tanjakan tersebut hingga meninggal dunia.

Keluarga Taslim keberatan nama Emen (Taslim) selalu dikaitkan dengan kecelakaan yang terjadi. Sebab nama Emen terkesan menjadi ikon kecelakaan maut. Padahal tidak ada hubungannya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here