Tahun ini, Pemkab Tasik Targetkan Kenaikan Omset Pariwisata Sebesar 25%

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Di tahun 2017 ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya menargetkan kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kisaran 25%.

Tercatat, tahun 2016 lalu PAD Pariwisata Kabupaten Tasik berada di kisaran Rp 1 miliaran dengan rata-rata jumlah wisatawan sebanyak 900 ribu orang setahun.

“Target kita PAD meningkat Rp1,2 miliar tahun ini. Target kunjungan juga diharapkan naik minimal 50ribu orang per bulan,”kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tasik, Asep Saeful Bachri kepada VOJ, Jumat, (26/05).

Untuk mencapai tujuan itu, sambung Asep, pihaknya tertantang untuk terus melakukan pembenahan tata kelola seluruh objek wisata. Sehingga wisatawan betah datang ke objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya.

“Selain itu juga aspek pemarasan, promosi juga penting untuk kita lakukan. Supaya lebih terpacu.  Agar bagaimana tempat wisata di Kabupaten Tasik ini terus diminati,”katanya.

Adapun pengelolaannya sendiri, ujar dia, pihaknya tidak berjalan sendiri. Beberapa instansi turut dilibatkan. Seperti para kepala desa setempat dan perusahaan swasta atau pihak ketiga.

Ia mencontohkan objek wisata Pasir Kirisik yang ada di kawasan Tasik utara Pagerageung, Ciawi yang dikelola pihak ketiga. Menurutnya dampak keberadaan objek wisata yang baru beroperasi tersebut cukup baik.

Salah satu dampaknya adalah kesejahteraan masyarakat sekitar. Baik dari sisi penyerapan tenaga kerja maupun peningkatan ekonomi sektor usaha kecil menengah (UMKM) warga sekitar.

Ditambah lagi oleh pesona objek wisata lainnya yang kini perlahan mendapat sentuhan rekayasa teknologi. Seperti Curug Galunggung yang dibuat warna warni.

“Masih banyak yang lainnya.  Ini yang saya maksud pariwisata penggerak ekonomi rakyat. Harapannya lebaran tahun ini terus meningkat,”harapnya. (jang)

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here