Tahun Baru Islam, Narapidana Garut Deklarasi Hapus Buta Hurup Al-Quran

0

Garut, Voiceofjabar.com – Sebagian masyarakat muslim memeriahkan tahun baru Islam dengan pawai obor, namun Warga Binaan (Warna) Rutan Garut lakukan hal yang unik  sambut tahun baru Islam 1440 H dengan serentak mengucapkan Deklarasi Hapus Buta Huruf Al-Quran.

Isi deklarasinya yaitu bertekad untuk belajar membaca, menulis dan memahami Al-Quran; Menjalankan seluruh kewajiban ibadah agama Islam dengan baik dan benar; Mengikuti seluruh program pembinaan dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

“Apa yang kalian ucapkan adalah janji yang akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT, sebagai motivasi agar di tahun depan menjadi lebih baik lagi. Al-Quran adalah panduan manusia dalam menjalani kehidupan maka sudah tentu harus kita pelajari dan hayati,” papar perwakilan Kemenag Kab. Garut, H. Asep Iwan saat menyampaikan tausiyah.

Lebih lanjut beliau menuturkan bahwa Iqra (membaca) Al-Quran juga harus diejawantahkan dengan iqra seluruh perjalanan kehidupan kita agar kelak bisa menjadi insan yang lebih baik dan bertakwa.

Warga binaan mendapatkan Al-Quran yang secara simbolik diserahkan oleh Kepala Rutan dan Kemenag Kab. Garut kepada dua orang perwakilan Warna. 

“Ini adalah amanah yang harus dijaga dan dilaksanakan,” pesan H. Iwan. 

Semua warga binaan dan petugas rutan juga menggelar doa bersama agar negara dan bangsa Indonesia selalu dalam keadaan aman, damai, menjadi bangsa yang sejahtera, subur makmur dan selalu dirahmati oleh Allah SWT.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata pelaksanaan program nawacita yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia, melakukan revolusi karakter bangsa, memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia,” pungkas Kepala Rutan Garut, Sukarno Ali. (av/red) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here