Syaikhu & Demiz Kompak Cibir Ridwan Kamil soal Isu Lingkungan

0

Depok, Voiceofjabar.com – Tensi Debat Publik Pemilihan Gubernur Jawa Barat sesi pertama berlangsung sedikit panas. Debat diawali dengan pemaparan dari pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum seputar masalah lingkungan di Jawa Barat yang kian kritis & tergerus.

Dalam penjelasannya, Emil menawarkan visi dan solusi dalam mengatasi masalah lingkungan melalui inovasi teknologi. Salah satunya konsep pertanian infus sebagai solusi mengatasi kekeringan lahan pesawahan.

Penjelasan Emil ditanggapi tiga pasangan calon lain. Yang paling mencolok dari tanggapan ketiganya adalah statment Ahmad Syaikhu dan Deddy Mizwar.

Syaikhu menyebut konsep Ridwan Kamil tersebut cukup ironis mengingat selama memimpin Kota Bandung, Emil tidak membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebagai leading sektor dalam masalah kebencanaan.

“Masalah bencana itu rentan tapi kenapa di Kota Bandung tidak ada badan penanggulangan bencana?,”kata Syaikhu.

Emil pun menanggapi. “Ya itu kan hanya beda judul saja. Yang penting aksinya. Di Bandung namanya Dinas Kebencanaan,”jawab Emil.

Senada, Deddy Mizwar menuding pasangan Rindu hanya mengada-ngada terkait konsep yang ditawarkan. Demiz beralasan semua konsep pasangan Rindu tentang degradasi lingkungan tidak tertuang secara eksplisit dalam visi misi.

“Saya tidak melihat nomor satu bicara soal lingkungan, jangan-jangan baru ngarang nih soal inovasi dan teknologi,”ucap Demiz disambut tepuk tangan suporter.

Sedangkan Cagub nomor 2, TB Hasanudin menawarkan beberapa solusi dalam mengatasi masalah lingkungan. Menurutnya, ada 4 aksi yang bisa dilakukan. Pertama, rehabilitasi tanah yang sudah hancur (reklamasi lahan), memperketat izin bagi pengembang, menegakkan hukjm secara tegas bahkan mencabut izin bagi pihak swasta yang merusak kawasan dan memperlakulan seluruh wilayah dengan pengawasan yang ketat. (ty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here