Survei CSI: Oded-Yana Masih Memimpin

0

BANDUNG, Voiceofjabar.com – Di Pilkada Kota Bandung 2018, Citra Survei Indonesia (CSI) bersama Mitra Survei Pusat Kajian Komunikasi Politik Indonesia(PKKPI) dan Indo Monitoring melakukan survei perilaku pemilih.

Dalam survei yang dilakukan pada 26 Mei- 2 Juni 2018 bedah hasil di Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Bandung yang bertarung ada 3 Pasangan yaitu Nurul Arifin – Chairul Yakin Hidayat nomor urut (1), Yossi Irianto-Aries Supriatna nomor 2 dan Oded M. Danial – Yana Mulyana nomor 3.

Ketiga calon yang disurvei menunjukan hasil survei dan perilaku pemilih di pemilukada Kota Bandung  terkait elektabilitas dan posisi masing-masing paslon berdasarkan tingkat keunggulan kandidat di lapangan.

Dalam sample quisioner terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan. Di antaranya: Seandainya pemilihan langsung WALIKOTA dan WAKIL WALIKOTA BANDUNG dilaksanakan pada hari ini, calon yang inginkan menjadi PEMIMPIN di Kota BANDUNG?

Hasilnya, pasangan Nomor 1. Nurul-Ruli sebesar 24.1%, Pasangan Nomor 2. Yossi-Aries sebesar 18.5% dan Pasangan Nomor 3 Oded-Yana sebesar 48.9% sedangkan yang Tidak Tahu (TT) / Belum Menentukan sebesar 8,5%.

Dalam hal ini CSI, PKKPI dan Indomonitoring menurut Gede M Soekawati bahwa menarik soal suara yang terjadi di Kota Bandung karena kemungkinan akan berubah namun tak terlalu besar perubahannya.

“Secara spontan pasangan Oded – Yana cukup diinginkan oleh masyarakat untuk saat ini. Nama Oded masih ada brand dulunya Wakil Walikota Ridwan Kamil, konsepnya meneruskan Bandung Juara, dan Yana juga nampaknya ikut menguatkan di lapangan,” kata Gede M Soekawati Pimpinan PKKPI, Jumat, 22 Juni 2018 di Hotel Luxton Bandung.

Survei ini dilakukan di semua Kecamatan di Kota Bandung yang dipilih secara random/acak proporsional, dengan melibatkan 440 responden dan ada beberapa temuan menarik.

Dia juga menambahkan bahwa temuan menarik hasil survey jelang pelaksanaan Pilwalkot Bandung 27 Juni 2018 nanti.

“Perlu di juga di waspadai kuat pasangan Nurul-Ruli dan Yossi- Aries akan terus membanyangi namun kedua pasangan ini memang harus super ekstra untuk berjuang meski nama Nurul yang Artis dan Yossi mantan Sekda di publik masih lebih tingi tingkat kepopuleran Oded yang mana dia adalah petahana Wakil Walikota ini kuat di publik,”papar Gede yang juga sebagai Kandidat Doktor Komunikasi Politik di Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan juga Dosen Universitas Pancasila Jakarta itu.

Sementara itu Direktur Eksekutif CSI Aendra Medita menambahkan bahwa Oded-Yana memiliki squad relawan PKS dan pasukan pendukung Gerindra yang cukup solid dan militan.

“Bisa jadi elektabilitas Oded-Yana ini bukan hanya dirinya dikenal tapi mereka dipopulerkan oleh relawannya yang militan,” jelasnya.

“Saya melihat ini tidak mengesampingkan nama pasangan Nurul-Ruli atau Yossi-Aries yang juga turun kebawah dengan relawannya yang kuat namun kenyataan di lapangan adanya begitu dari data kami,” tambahnya.

Kini sebanyak 1,6 juta jiwa sudah terdaftar sebagai pemilih di Kota Bandung dari 23 Kecamatan. Maka apa yang akan terjadi nanti di Pilkada Kota Bandung hanya bisa dilihat pada hari (H) 27 Juni 2018 dan biarlah pilihan masyarakat yang menentukan SIAPA YANG LAYAK PIMPIN KOTA BANDUNG DALAM LIMA TAHUN KEDEPAN. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here