“Silaturahmi Umat, Mengawal Demokrasi Konstitusional”

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – HMI Cabang Tasikmalaya menggelar diskusi publik dengan tema “Silaturahmi Umat, Mengawal Demokrasi Konstitusional” dalam rangka merespon kegiatan pemilu pada tahun 2019, Jumat, (24/05).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 200 orang peserta yang terdiri dari kader HMI Cabang Tasikmalaya, Komisioner KPU Kota Tasik, Organisasi Kepemudaan dan santri yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya.

Yoga Ahmad Fauzi, Ketua Umum HMI Cabang Tasikmalaya berharap dengan melihat kondisi saat ini mahasiswa harus mampu menjadi garda terdepan dalam mempersatukan umat.

“Kegiatan ini diharapkan kaum intelektual mampu menjadi orang yang responsif terhadap apa yang terjadi dan mampu menjadi orang yang mempunyai solusi dalam setiap permasalahan yang terjadi, khususnya dalam mengawal nilai-nilai demokrasi konstitusional yang jujur dan adil,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Tasik, Ade Zaenul Muttaqin, M.Ag menerangkan terkait Undang-Undang Pemilu dan Kinerja KPU. Ia mengurai sejarah pemilu dari mulai tahun 1955 sampai dengan sekarang, berikut dengan perbedaan baik secara teknis dan juga pelaksanaannya.

“Perbedaan sangat signifikan dilihat dari penyelenggaraan pemungutan suara pada pemilu sebelumnya pemungutan suara Untuk Presiden dan anggota legislatif dilaksanakan secara terpisah sedangkan pada pemilu tahun ini diserempakkan, sehingga cukup memberikan banyak kesulitan. Terlebih Perbedaan formulasi dalam setiap pemungutan suara pada pelaksanaan pemilu tahun ini menambah kesulitan sehingga memakan korban jiwa hingga 554 orang,”tandasnya.

Pada prinsipnya, kata dia, kegiatan pemilu ini merupakan bentuk implementasi demokrasi. Tetapi pada pelaksanaannya nilai-nilai demokrasi yang menjadi prinsip dasar mulai hilang seperti tidak saling menerima dalam perbedaan pendapat yang menimbulkan ujaran kebencian dan tersebarnya isu-isu hoax. (red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here