Selama ini, Jabar Hanya Lahirkan Gubernur ‘Kelas Bantam’

0

BANDUNG, Voiceofjabar.com – Pengamat politik senior Jawa Barat, Upar Safari menilai selama ini Jawa Barat belum memiliki seorang pemimpin yang berkelas. Setiap berganti gubernur, Jabar hanya melahirkan pemimpin administratif saja. Bukan pemimpin yang betul-betul berkualitas.

“Saran saya untuk Pilgub Jabar ini menurut saya bukan sekedar memilih gubernur tapi pemimpin. Sebab sudah cukup lama Jawa Barat tidak punya pemimpin yang diharapkan masyarakat. Kalau sekdar gubernur administratif mah lima tahun sekali. Jadi, saya harap yang terpilih nanti benar-benar pemimpin bukan sekedar gubernur,”ungkapnya kepada VOJ usai menjadi narasumber di Sekolah Politik Partai Perindo Jawa Barat, Selasa, (15/08).

Padahal, kata dia, Jawa Barat memiliki segudang potensi pemimpin namun tak pernah muncul ke permukaan. Tak kalah dengan DKI Jakarta. Yang tampak saat ini dihiasi wajah-wajah klasik yang ambisi kekuasaan. Belum berkarakter pemimpin.

“Saya iri dengan DKI kemarin begitu marak anak bangsa yang berkualitas tinggi. Ko jawa barat yang muncul eta eta keneh. Padahal Jawa Barat itu seksi. Ini yang agak saya prihatin. Tidak muncul anak bangsa yang maksimal kualitasnya. Hanya kelas bantam lah gak ada yang kelas berat. Sedih saya sebagai warga Jawa Barat,”tandasnya.

Apalagi, sambung dia, keprihatinan tersebut berbanding lurus dengan tingkat partisipasi politik mayarakat Jawa Barat yang masih sangat rendah. Kenyataan inilah yang turut menggiring pada lemahnya sosok pemimpin yang benar-benar dirindukan masyarakat Jawa Barat seperti halnya Mang Ihin atau Solihin GP.

“Ya itulah faktanya. Jadi logis jika selama ini yang terpilih itu hanya gubernur administratif bukan pemimpin. Ini butuh penyadaran dn kesadaran agar bagaimana Jawa Barat ini dipimpin oleh orang yang sesuai dengan harapan masyakarat,”katanya. (ty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here