Sekitar 14,1% Desa di Jabar Belum Punya BUMDES

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Dari sejumlah 5312 desa di Jawa Barat, terdapat sekitar 14,1% belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Penyataan tersebut diutarakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Prov Jawa Barat, H. Dedi Supiandi di Bandung belum lama ini.

“Yang BUMDES itu nanti akan kita turunkan patriot desa. Kemarin sudah kita lakukan rekrutmen. Tahun ini kita keluarkan sekitar 100 orang tapi ternyata yang mendaftar sekitar 1700 orang. Nanti kita seleksi akan kita turunkan untuk membantu pak kades menata desa dan membuat BUMDES yang sesuai dengan keinginan masyarakat,”paparnya.

Ia menjelaskan bahwa keberadaan BUMDES tersebut erat kaitannya dengan salah satu poin dari Tiga Pilar membangun desa yakni One Village One Company.

Selain menerjunkan patriot desa, beberapa program lainnya pun turut diikutsertakan. Seperti program BUMDES Juara, pendampingan CSR BUMDES dari Astra, pendampingan BUMDES oleh perbankan dan pendampingan BUMDES oleh perguruan tinggi.

“Sehingga kita berharap muncul potensi lokal yang berbeda-beda di tiap desa. Maka kita pun akan menurunkan bantuan permodalan buat BUMDES tahun ini,”tandasnya. (ty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here