Secercah Harapan di Balik Gebyar Reuni SMA Pasundan

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – SMA Pasundan Tasikmalaya menyelenggarakan Gebyar Reuni Akbar, di Hotel Santika Tasikmalaya, Sabtu, (04/08). Gebyar dibanjiri ratusan alumni dari 11 angkatan, 1980 sampai 1991. Panitia Pelaksana, Deddy Haryadi mengatakan reuni dihadiri oleh 900 orang.

Lebih dari sekedar silaturahmi, kata dia, reuni akbar tersebut juga dimaksudkan untuk mempopulerkan kembali SMA Pasundan yang pernah gemilang pada masanya di Tasikmalaya.

“Sekolah ini sempat menjadi kampus unggulan di Tasikmalaya pada masa-masa itu. Banyak mencetak alumni yang sukses di bidangnya masing-masing. Beda dengan kondisi sekarang. Maka dari itu selain merajut silaturahmi sesama alumni, kami juga berharap agar reuni akbar ini dapat merangsang para alumni untuk menyekolahkan anak-anaknya di SMA Pasundan,”terang Panitia Pelaksana, Deddy Heryadi kepada wartawan.

Uu Ruzhanul Ulum, salah satu alumni SMA Pasundan Tasikmalaya tahun 1988 sedang memberikan cenderamata.

Harapan serupa dilontarkan salah satu alumninya, Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat yang juga hadir dalam acara tersebut. Ia merupakan lulusan tahun 1988. Uu berharap agar para alumni tidak sungkan untuk mendaftarkan anak-anak mereka ke SMA Pasundan meski tak sepavorit dulu. Sebab, kata dia, almamaternya itu telah banyak mencetak ribuan alumni yang sukses di bidangnya masing-masing bahkan di pentas nasional.

“Saya sangat berharap agar para alumni mau menyekolahkan anak-anaknya ke SMA Pasundan. Reuni ini harus jadi ajang promosi agar SMA Pasundan kembali menjadi sekolah pavorit seperti zaman saya dulu. Walaupun saya bukan siswa terbaik ya. Bisa dilihat alumni-alumni banyak yang berhasil, ada yang jadi polisi, tentara, birokrat, legislatif, banyak juga pegawai pemda di sini, akademisi bergelar profesor juga,”terangnya.

Menurutnya, kesuksesan para alumni tersebut merupakan bukti bahwa SMA Pasundan tak kalah bersaing dengan sekolah-sekolah negeri atau sekolah pavorite lainnya. Dan sebagai alumni yang kini duduk di pemerintahan, Uu pun berjanji akan fokus memajukan dunia pendidikan di Jawa Barat pada umumnya agar mampu bersaing menghasilkan siswa-siswa berprestasi.

“Karena dengan pendidikan bisa merubah paradigma dan karakter seseorang. Sukses di bidang masing-masing itu kuncinya ada di pendidikan. Ilmu sangat penting untuk memajukan bangsa dan negara ini,”katanya.

Prof.Dr. Kartawan, akademisi alumni SMA Pasundan sedang memberikan penghargaan kepada perwakilan alumni angakatan termuda yang diwakili ibu Lina Marlina Ruzhan.

Sementara itu, salah satu alumni angkatan 1991, Lina Marlina berharap reuni akbar tahun ini dapat menjadi ajang sharing pemikiran dan bisnis. Terutama dalam hal memajukan industri kreatif khas Tasikmalaya. Baginya, aspek marketing merupakan bagian terpenting dalam dunia industri kreatif disamping polesan kemasan dan kualitas produk.

“Nah pemasaran produk ekonomi kreatif ini bisa juga dilakukan oleh para alumni. Bagaimana produk-produk unggulan Tasik bisa dibawa ke daerah mereka masing-masing terutama yang di luar Tasik. Mungkin ada juga alumni yang di luar negeri. Silaturahmi ink sangat membahagiakan, bisa berbagi peluang ke depannya,”kata Ketua Dekranasda Kabupaten Tasikmalaya itu. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here