Sambut Pilkada, Bawaslu Jabar Pertajam Bimbingan terhadap Anggota Panwas

0
Bimbingan Teknis BAwaslu Jabar terhadap seluruh anggota Panwas se-Jawa Barat

Bandung, Voiceofjabar.com – Badan pengawas Pemilu (BAWASLU) Provinsi Jawa Barat menggelar bimbingan teknis kepada seluruh anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) se-Jawa Barat, Senin, (11/09). Kegiatan itu dalam rangka menggodok profesionalitas kinerja Panwas dalam perhelatan pilkada serentak 2018 serta Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Ketua Bawaslu Jabar, Herminus Koto menyampaikan kegiatan tersebut akan digeber selama empat hari penuh. Tujuannya agar seluruh anggota Panwas semakin faham, cakap dan cepat tanggap dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.

“Ini modelnya pendidikan dewasa. Kita bedah materi dari pagi sampai jam 10 malam. Sehingga diharapkan anggota Panwas mempunyai kapasitas yang sama dalam menjalankan tugas dan kewenangannya di Kabupaten/Kota masing-masing,”

Ditegaska Herminus bahwa seluruh materi bimbingan merujuk pada Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2015. Artinya, sambung dia, seluruh anggota Panwas harus memahami betul seluruh materi kepemiluan. Seperti apa itu demokrasi, bagaimana menindak pelanggaran, bagaimana mengatasi sengketa dan materi pemiu yang termuat dalam dua undang-undang tersebut.

“Ini yang kita berikan kepada mereka. Harapan saya setelah rampung bimbingan ini, mereka cakap tanggap dalam melaksanakan tugasnya nanti,”tandasnya.

Dalam rinciannya, terdapat 10 modul materi kepemiluan yang dibedah. Yakni:

  1. Materi tentang pemilu demokratis dan nilai-nilai dasar pemilu,
  2. Sejarah pembentukan pengawas pemilu dan kebawasluan,
  3. Partisipasi dan pencegahan pengawasan,
  4. Logika berfikir pengawasan pencegahan,
  5. Prinsip-prinsip penegakan hukum pemilu dan pemilihan,
  6. Regulasi dan Advokasi,
  7. Pengawasan tahapan pemilu dan pemilihan,
  8. Penanganan pelanggaran dalam pemilihan dan pemilu,
  9. Penyelesian sengketa pemilu dan pemilihan,
  10. Tata kelola layanan informasi dan komunikasi serta kerjasama antar lembaga. (ty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here