Sabotase Spanduk Caleg Terjadi di Tasikmalaya

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Sabotase spanduk caleg mulai terjadi di Kota Tasikmalaya. Spanduk salah seorang caleg Gerindra dirusak dengan cara dipotong bagian wajahnya lalu dipindahkan ke spanduk caleg lain.

Pengrusakan spanduk tersebut terjadi di persimpangan Jalan BKR & Nyantong, Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Tasikmalaya. Insiden tersebut baru diketahui pada Sabtu lalu.

“Saya sangat menyayangkan tindakan Oknum yang merusak salah satu Alat Peraga Kampanye (APK) milik saya, dengan cara memotong bagian wajah, dan menempelkannya di baligo calon lain,”ucap Asep Hendri Darmawan, caleg Partai Gerindra nomor urut 12.

Ia menegaskan perilaku oknum tak bertanggungjawab tersebut telah memicu persaingan yang tidak sehat dalam berdemokrasi. Terlepas pencopotan itu hanya sekedar iseng atau bermotif politis.

“Bisa jadi calon jagoannya tidak siap bersaing sehat atau mau mengacaukan pelaksanaan Pemilu dengan mengadu domba antar calon,” tandasnya.

Ia mensinyalir aksi sabotase tersebut bukan faktor alam melainkan ada unsur kesengajaan. Sebab, kata dia, indikasi kesengajaan itu sangat kentara. Berbeda dengan kerusakan yang ditimbulkan oleh hembusan angin kencang atau semacamnya.

“Kontestasi pemilu 2019 hendaknya tidak di nodai dengan tindakan tidak bermartabat, dengan merugikan peserta lain, apabila ingin meraih dukungan masyarakat lakukannlah dengan cara yang elegan,”terangnya.

Ia meminta agar para tim sukses calon wakil rakyat bisa lebih kreatif dalam menampilkan kreasi yang positif dan mendidik.

“Jangan merusak APK calon lain atau bahkan melakukan black champagne. Kontestasi Pileg harus tetap menjungjung sportivitas,”tegasnya lagi.

Lebih dalam ia menyebut pelaku tindakan perusakan APK dengan sengaja dapat di investigasi dan lebih jauh dikenakan sanksi pidana pemilu oleh Gakkumdu Kota Tasikmalaya agar menimbulkan efek jera.

“Agar tidak menjadi preseden buruk kedepan mengingat masa kampanye yang relatif masih panjang, demi terjaganya pelaksanaan Pemilu yg sehat dan bermartabat di Kota Tasikmalaya,”pungkasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here