Rupiah Terus Melemah, Hipmi Bandung usul Pemerintah Bentuk Timsus Ekonomi

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Bandung, mendorong pemerintah daerah membentuk tim ekonomi untuk memantau potensi gejolak pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat yang saat ini mencapai Rp15.200.

Ketua Dewan Pembina Hipmi Kabupaten Bandung, Andri Juwandi mengatakan pembentukan tim khusus ekonomi itu cukup penting untuk memantau serta melindungi pengusaha yang ada di ibukota Soreang.

“Melemahnya rupiah dampaknya itu kan ke para pengusaha yang mengandalkan bahan baku impor. Seperti sektor konveksi kain atau kuliner yang bahan bakunya dari luar,” ungkap Andri, Rabu (10/10).

Menurut Andri, para pengusaha pun harus berfikir keras untuk menyelaraskan kondisi rupiah yang terus melemah. Contohnya yang berbahan kedelai kini mulai mengecilkan ukuran makanan yang diperjualbelikan.

“Pengusaha juga harus bijak menyiapkan strategi penjualan mengingat daya beli masyarakat pun terus menurun tidak seperti saat rupiah stabil. Disatu sisi pengusaha berat bila menaikan harga jual,” katanya.

Andri menambahkan secara pribadi dirinya masih menunggu pembuktian dari janji pemerintah pusat yang menyatakan bila kondisi ekonomi tanah air akan meroket namun kenyataannya belum demikian.

“Tak hanya tim ekonomi, kami juga ingin ada langkah percepatan pembentukan badan promosi daerah oleh Pemkab Bandung untuk menggali potensi, meningkatkan ekonomi dan investasi disini,” tandasnya.

rmoljabar.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here