Ribuan Orang Berjejer Menjahit Bendera Merah Putih hingga Perbatasan Jawa Tengah

0

KOTA BANJAR, voiceofjabar.com – Pemkot Banjar mengadakan event menjahit bendera merah putih sepanjang 3.300 meter dengan melibatkan 6.600 orang penjahit dari berbagi instansi baik pemerintahan, kepolisian, TNI dan juga masyarakat Kota Banjar termasuk siswa siswi sekolah. Panjang kain terbentang dari perbatasan Jabar – Jateng sampai depan Mako Polres Banjar.

Event ini dalam rangka menyambut HUT RI ke-73. Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih menjelaskan penjahitan kain merah putih tersebut bukan semata ingin meraih track record sebagai bendera terpanjang di Indonesia melainkan terdorong oleh spirit kebangsaan. Yakni bangsa Indonesia yang harus tetap bisa mempertahankan keutuhan persatuan dan kemerdekaan.

“Dahulu ibu Fatmawati istri Bung Karno menjahit bendera hanya sendirian. Kebayang perjuangan pahlawan kala itu,” ucapnya, Kamis (16/08/2018).

Menurut dia, pada era milenial ini spirit perjuangan diaktualisasikan pada gotong royong untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Kebersamaan kita menjaga keutuhan bangsa harus tetap dijaga serta semangatnya semakin ditingkatkan. Dengan spirit kerja nyata prestasi bangsa,” kata dia. 

Kapolres Banjar AKBP Matrius mengatakan, kain merah putih yang dijahit jadi bendera ini merupakan yang terpanjang se Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme.

Setelah dijahit nantinya bendera akan dibentangkan. Yang menjahit kain merah putih ini melibatkan siswa sekolah, masyarakat, ASN, TNI dan Polri. 

“Ini terpanjang se Indonesia,” katanya. (AM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here