Ribuan Buruh Jabar menuntut Keadilan

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Ribuan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa di halaman Gedung DPRD Jawa Barat, Rabu (4/9/2019).

Dalam aksi tersebut, para buruh menuntut penolakan terhadap revisi UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Sebab revisi tersebut dinilai akan merugikan kaum buruh dan berdampak pada keluarganya.

“Kedua, buruh meminta DPRD Jabar segera menginisiasi pembuatan Perda tentang penetapan upah, serta Perda tentang pengawasan ketenagakerjaan di Jawa Barat,”Ketua KSPSI Jawa Barat, Roy Jinto dalam orasinya.

Sebab, kata dia, kaum buruh membutuhkan perlindungan berupa payung hukum perda yang menguatkan posisi yang saat ini sangat lemah.

Selain itu, buruh juga menolak kenaikan iuran BPJS 100% seperti yang diusulkan pemerintah. Sebab, kenaikan itu malah akan mencekik kehidupan mereka.

Buruh juga menolak jabatan dipercayakan kepada para pekerja asing, menolak pengurangan upah dan menolak outsourcing. Serta meminta agar pemerintah segera mensahkan UMSK 2019 Kabupaten Karawang.

“Kita harus mengingatkan agar semua peraturan perundang-undangan yang dibuat tidak boleh mengandung unsur liberal untuk melindungi, memberikan keadilan dan kesejahteraan dengan mendapatkan pekerjaan dan upah layak. Sehingga UU nomor 13 tahun 2003 harus dipertahankan keberadaannya,”terangnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here