Rektor UNSIL: Cermat Berperilaku Lebih Utama Ketimbang Selembar Ijazah

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Sebanyak 861 mahasiswa Universitas Negeri Siliwangi (UNSIL) Tasikmalaya dinyatakan lulus (diwisuda) hari ini, Sabtu, (29/07).

Masing-masing merupakan lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 496 orang, Fakultas Ekonomi  219 orang, Fakultas Pertanian 14 orang, Fakultas Agama Islam  5 orang, FIK 18 orang dan Pascasarjana 12 orang.

Rektor Unsil, Prof. Dr. Rudi Priyadi menegaskan dalam kata sambutannya, bahwa meskipun acara wisuda merupakan upacara seremonial rutin di perguruan tinggi namun bagi Universitas Siliwangi justeru menjadi peristiwa yang sangat bermakna.

“Karena pada saat inilah secara resmi Universitas Siliwangi melepas kader-kader bangsa untuk berkiprah mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakat untuk membangun negara yang kita cintai sesuai dengan keahliannya masing-masing,”ungkapnya.

Kata rektor, seorang lulusan perguruan tinggi tidak akan dilihat berdasarkan lembaran ijazahnya oleh masyarakat. Namun ketelitian dan kecermatannya dalam berperilaku di tengah masyarakat.

Yang terpenting lagi, jelas rektor, pendidikan sejatinya dimaknai sebagai perjalanan yang tak bertepi. Artinya, lulusan jadi sarjana tidak lantas menghentikan langkah untuk belajar.

“Janganlah saudara berhenti belajar lengkapilah dengan kompetensi-kompetensi yang lainnya untuk menghadapi tantangan yang semakin mengglobal,”katanya.

“Alumnus Unsil harus menjadi agen perubahan bangsa ini dengan bekerja keras jujur dan disiplin lakukanlah perubahan mulai dari diri sendiri mulai sekarang dan mulai dari yang mudah,”tambahnya.

Ditegaskan rektor bahwa tantangan ke depan semakin besar. Terutama menghadapi era Masyarakat Ekonomis Asean (MEA). Dalam hal ini, perguruan tinggi harus bisa mencetak lulusannya yang siap menghadapi tantangan itu.

“Perguruan tinggi dituntut untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan mampu bersaing secara sehat,”imbuhnya. (jang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here