Ratusan Hektar Sawah di Banjar Kekeringan

0

Banjar, Voiceofjabar.com – Saluran irigasi di Kawasan Pondokhuni BPH 2 Lakbok Utara yang berada di Kecamatan Langensari, Kota Banjar amblas.

Akbatnya ratusan hektar area persawahan di tiga desa (desa Kalapasawit, Desa Sukanagara dan Desa Kertajaya) mengering. Petani pun gagal panen

Para petani tak bisa berbuat banyak selain menanti irigasi teraliri kembali.  Salah seorang petani di Desa Kalapasawit Prapto (47) mengatakan, dengan kondisi sawah tanah kembali mengeras. Ia berharap ada solusi secepatnya.

“Kami berharap agar pihak BBWS Citanduy segera memperbaiki aliran irigasi secepatnya, supaya kami bisa menyawah lagi,” tutur Prapto kepada media, Jumat, (05/05).

Amblasnya irigasi tersebut cukup besar.  Di dasar saluran irigasi terlihat lubang dengan diameter lebih dari satu meter dan cukup dalam.

Dugaan sementara amblasnya dasar irigasi karena tanah di dasarnya labil dan tergerus air sehingga membentuk ruang kosong di bawahnya.

Camat Lakbok Idang Dahlan menuturkan, pihak kecamatan sudah melakukan verifikasi dengan beberapa desa yang lahannya memang tidak mendapat air. Idang mengakui saat ini masyarakat Lakbok yang umumnya bertani sangat membutuhkan air.

“Sekarang sudah verifikasi ke desa, ini apakah nanti akan ditangani secara swadaya atau secara terstruktur oleh BBWS Citanduy. Yang terpenting air bisa kembali mengalir, luas sawah yang mulai mengering mencapai ratusan,” jelasnya.

Lanjutnya, tidak ada teori apapun untuk perbaikan irigasi karena yang paling dibutuhkan dan mendesak air bisa kembali mengalir. Karena bila menunggu perbaikan dari anggaran perubahan itu cukup lama, sedangkan kebutuhan air sudah darurat.

“Masalahnya bukan lama atau sebentar tetapi momen sekarang ini petani Lakbok sedang proses masa tanam yang memang membutuhkan air. Kami berharap segera ada perbaikan,” pungkasnya. (ton/red)

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here