Ramadhan, Momentum Perbaikan Hubungan Vertikal & Horizontal

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Baiturohman Kabupaten Tasikmalaya, Singaparna, belum lama ini.

Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto mengatakan Bulan Ramadan sering disebut sebagai bulan diturunkannya Alquran, karena pada tanggal 17 Ramadan 13 tahun sebelum Hijrah, Alquran telah diturunkan.

Menurutnya, peningkatan kualitas iman dapat dilakukan dengan tidak hanya menjalankan ibadah mahdhah saja, tetapi penting juga bagi kaum muslimin untuk menjalankan ibadah ghoir mahdhah yang berhubungan dengan sesama manusia dengan memperbanyak silaturahmi.

“Mari kita tingkatkan hubungan sosial kemasyarakatan kita dengan memperbanyak silaturahmi dengan tetangga kita, segala bentuk permasalahan yang timbul di lingkungan kita akan segera terdeteksi dan teratasi jika hubungan bertetangga kita baik, “ujar Wakil Bupati.

Wakil Bupati berpandangan, saat ini masyarakat sudah semakin dipisahkan kehidupan sosialnya oleh terpaan media sosial yang begitu massif. Sehingga hubungan persaudaraan berpotensi renggang akibat banyaknya isu panas yang berseliweran.

“Bersosial media itu penting, tapi ambilah informasi yang baiknya saja, jangan terpedaya oleh berita hoax yang isinya fitnah, “ ujar tegas bupati.

Oleh karena itu, ia mengajak segenap elemen masyarakat Kabupaten Tasikmalaya memanfaatkan momentum ramadhan sebagai ladang peningkatan hubungan ibadah vertikal (habluminallah) serta ladang perbaikan kualitas hubungan vertikal (habluminannas).

“Melalui momentum Bulan Ramadan ini mari kita eratkan kembali persatuan, kesatuan dan persaudaraan. Kembalikan jati diri bangsa Indonesia yang dikenal murah senyum, ramah tamah, gotong royong, jauhilah segala bentuk fitnah, mari kita hormati segala perbedaan sebagai rahmat dari Allah SWT, “imbuhnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here