Produk Bumdes Diharapkan Mendunia, Aparatur Desa Dibina Cara Promo Online

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Provinsi Jawa Barat berupaya memaksimalkan potensi badan usaha milik desa untuk dipromosikan ke khalayak luas melalui jejaring media sosial.

Salah satu upayanya dengan menggelar workshop kegiatan pengembangan jejaring pemasaran produk perdesaan secara online.

Kepala Seksi Bina Pemasaran Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD Jabar, Piping Jaenudin mengatakan workshop tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk desa sehingga berbuah pendapatan bagi desa itu sendiri.

“Jadi produk desa tidak hanya berputar di desanya saja tapi bisa terekspose dengan jangkauan tanpa batas dan diminati orang luar desa,”katanya usai workshop di kantor DPMDes Jabar, Bandung, Rabu, (09/08).

Sejauh ini, sambung dia, di Jawa Barat ada 2756 Bumdes dari total 5312 desa. Setiap desa rencananya akan terus dimonitor perkembangannya pasca workshop dilakukan. Dalam praktik promo produknya, pihak dinas menggandeng konsultan IT khusus sebagai tempat curhat para aparatur desa yang belum memahami teknik promo secara online.

“Ini soal pilihan ya bukan keharusan. Sebab sekarang sudah serba digital. Jika nanti ada desa yang butuh penjelasan lebih lanjut disilahkan bertanya langsung ke konsultan di grup whatssapp desa yang sudah kita buat,”katanya.

Sebelumnya, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyediakan situs online, untuk promosi dan penjualan produk-produk Badan Usaha Milik Desa untuk membantu pengembangan badan usaha itu.

Produk BUMDes dapat diakses melalui situs bumdes.kemendesa.go.id, yang terintegrasi dengan website resmi Kemendes PDTT yakni www.kemendesa.go.id. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here