Prestasi Non Akademik Penting bagi Siswa

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto  menerangkan bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak harus selalu terfokus pada pencapaian kualitas akademik. Tetapi juga non akademik.

“Sehingga dengan begitu siswa diharapkan memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangannya,”terang Ade saat membuka Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Pasanggiri dan Apresiasi, Bahasa, Sastra, Seni Daerah (PASTRASENDA) tingkat Kabupaten Tasikmalaya di Lapang Upacara Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Singaparna, Senin (9/4/18).

Menurutnya, penyelenggaraan O2SN, FLS2N dan PASTRASENDA merupakan salah satu wadah guna mengapresiasi kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat, khususnya di bidang olahraga dan seni.

Tujuannya untuk meningkatkan kondisi jasmani dan kecerdasan siswa sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis di sekolah, juga bertujuan guna meningkatkan prestasi siswa di bidang olahraga dan seni.

Dalam kondisi yang lebih makro lagi, lanjut Ade, kegiatan O2SN, FLS2N dan PASTRASENDA ini merupakan bagian dari sistem pembinaan olahraga dan seni yang bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet dan peserta lomba berbakat dalam bidang olahraga dan seni.

“Nanti bisa dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan menjadi wakil atau duta Kabupaten Tasikmalaya untuk mengikuti ajang-ajang olahraga dan seni baik di tingkat lokal, regional, maupun internasional,”jelasnya.

Ia berharap, penyelenggaraan O2SN, FLS2N dan PASTRASENDA dapat meningkatkan kondisi kesehatan jasmani dan kecerdasan estetis siswa dalam rangka menunjang peningkatan kualitas akademik serta terjaringnya bibit-bibit atlet berbakat di masing-masing cabang olahraga dan seni yang mampu berprestasi mengharumkan marwah daerah.

“Kami menaruh harapan yang besar melalui kegiatan ini dapat terbentuknya kontingen Kabupaten Tasikmalaya yang nantinya mampu berprestasi pada ajang O2SN, FLS2N dan PASTRASENDA yang lebih tinggi lagi baik pada tingkat Provinsi maupun tingkat nasional,”katanya.

Ketua Panitia O2SN, FLS2N dan PASTRASENDA Kabupaten Tasikmalaya, Edi Riswandi, menegaskan tujuan pelaksanaan O2SN, FLS2N dan PASTRASENDA Kabupaten Tasikmalaya untuk membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat Sekolah, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional sejak usia sekolah.

Lomba diikuti oleh siswa-siswi SD dan SMP perwakilan juara 1 hasil seleksi tingkat Kecamatan. Bagi siswa yang berprestasi di tingkat Kabupaten Tasikmalaya, nantitya akan mengikuti Lomba Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan Juli 2018. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here