Pos Kamling Adam Kota Banjar Dianggap Layak Masuk Lomba Pos Kamling Polda Jabar

0

BANJAR, voiceofjabar.com – 
Tim Binmas Polda Jabar akan menggelar lomba pos kamling se-Jawa Barat. Untuk Kota Banjar, kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman merupakan satu dari empat perwakilan pos kamling yang paling dijagokan.

Penilaian pada 9 Mei mendatang, sebelum ke tingkat Polda, peserta lomba pos kamling harus lolos di tingkat Polres.

“Pos kamling Adam, merupakan pos kamling yang kita pilih untuk mengikuti kontestan dalam perlombaan pos kamling di tingkat Polda Jabar. Pertama kita akan bersaing dulu dengan kecamatan lain di tingkat polres,” ujar Bripka Yadi Heratriyadi, Pejabat sementasa (PS) Kanit Bintibmas Satbinmas Polres Banjar di pos Kamling Adam, Lingkungan Jadi Mulya RT3 RW7 Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman, Kota Banjar Rabu (2/5).

Menurutnya, perlombaan ini dalam rangkaian HUT Bhayangkara. Tujuannya untuk meningkatkan keamanan dan aksi sosial di lingkungan masyarakat.

Karena melalui kompetisi ini, salah satu sarat utama yaitu pos kamling harus lebih aktif dalam menjaga keamanan lingkungan masyarakat di daerah masing-masing.

“Penilaian akan dilihat dari aspek kesiapan petugas poskamling, perlengkapan pos kamling, kemudian kekompakan pemerintah baik kelurahan maupun kecamatan dan TNI Polri serta masyarakat dalam trantibmas,” katanya.

Adam, salah satu pos kamping di wilayah kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman dianggap berpotensi menjadi juara di tingkat Polres.

“Tahun kemarin yang lolos menjadi juara di tingkat Polres Banjar dan menjadi wakil di tingkat Polda adalah pos kamling di Desa Mekarharja,”katanya.

Endang Herdis, Kasi Pemerintahan Kelurahan Hegarsari berharap masyarakat dapat mendukung dan bersama-sama memenangkan pos kamling hingga di tingkat Provinsi.

“Himbauannya kepada masyarakat, mari kita sama-sama mendukung program ini, terpenting daripada itu aktifiyas pos kamping harus tetap hidup meskipun tidak ada perlombaan, masyarakat peduli terhadap keamanan dan ketertiban di kampungnya,” katanya.

Sama halnya apa yang di utarakan Lurah Hegarsari Krisdiyanto melalui telepon selulernya Kamis (03/05/2018). Kata dia kelurahan Hegarsari adalah satu satunya peserta Pos kamling yang mewakili Kecamatan Pataruman dalam lomba Tingkat Polres.

Senada, Ketua Kepal pos Kamling se-Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman, Ade Juju Kurniawan yang juga selaku ketua RT 4 RW 15 Lingkungan Tanjung Sukur Kelurahan Hegarsari mengatakan dirinya yang mengusulkan pos kamling adam untuk diikutkan dalam perlimbaan tersebut.

Ia berharap seluruh lapisan masyarakat serta pemerintah mendukung dan bersama-sama memenangkan perlombaan ini.

“Awalnya saya mengajukan bahan percontohan pos kamling yang mewakili kecamatan. Kemudian ada peninjauan dari Polsek Pataruman dan Polres dan pos kamling adam ini yang layak mewakili Kecamatan Pataruman. Awalnya ada 10 pos kamling diusulkan,” kata Ade Juju

Ia menilai pos kamling adam lebih unggul dibanding yang lain karena letaknya berada di pusat kota yang mana masyarakatnya berbaur sehingga tingkat kerawanan kejahatan tinggi.

“Internalnya juga lebih tajam,” pungkasnya. (AM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here