Polres Banjar Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Alam

0

KOTA BANJAR, voiceofjabar.com –Polres Banjar Polda Jabar Gelar Simulasi Penanggulangan bencana alam, kegiatan tersebut bekerja sama dengan instansi terkait, Unsur TNI Kodim 0613 Ciamis, Bataliyon Raider 323 BP, Subdenpom Kota Banjar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, PMI Kota Banjar, Dinas Kesehatan Kota Banjar, Dinas Perhubungan, dan Sat Pol PP Kota Banjar, serta RAPI dan ORARI, Jum’at (16/112018).

Sebelum kegiatan di mulai, diawali dengan apel gabungan dipimpin oleh Kapolres Banjar AKBP Matrius, S.I.K.,M.H. dengan diikuti oleh Personil Polres Banjar serta Instansi terkait. Kegiatan simulasi Penanggulangan bencana alam tersebut bertempat di area jembatan Dobo Sungai Citanduy Kel. Pataruman Kec. Pataruman Kota Banjar, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Banjar menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah menyampaikan persepsi dengan stakeholder dalam kesiapan penanganan bencana alam di Kota Banjar, sekaligus untuk mengasah kemampuan personil masing-masing instansi serta kesiapan dalam penanganan bencana alam,”ujarnya.

“Ini simulasi sekaligus latihan mengasah kemampuan personel masing-masing dalam mengatisipasi dan mengevakuasi korban bencana,” ungkap Kapolres.

Setelah dilaksanakan apel gabungan tersebut, acara dilanjutkan dengan cara-cara dan antisipasi serta evakuasi, dengan melibatkan masyarakat sekitar sungai Citanduy yang terisolir.

Selanjutnya Kapolres menyampaikan, simulasi penanganan bencana alam tersebut dilakukan di sekitaran Dobo, karena terdapat pemukiman warga yang berada disekitarnya, sebagai antisipasi terjadinya luapan sungai Citanduy menggenangi dan membanjiri pemukiman yang berada di bibir sungai Citanduy.

”Ini kami lakukan dengan berbagai instansi terkait untuk melatih dan mematangkan kesiapsiagaan personil dalam menangani bencana alam terutama banjir, kita sama-sama berdo’a semoga hal tersebut (bencana alam) tidak terjadi di Kota Banjar,” Jelas Kapolres Banjar AKBP Matrius.(AM)***

 

 

Editor : Firdaus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here