Polres Banjar Ciduk Pelaku Cabul Anak di Bawah Umur

0

Banjar, Voiceofjabar.com — Satuan Reserse Kriminal Polres Banjar, Polda Jabar berhasil menangkap dan mengamankan dua dari tiga tersangka tindak pidana perbuatan cabul terhadap anak di bawah umur di wilayah Langensari, Kota Banjar, Minggu 19 Mei 2019 lalu.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Banjar, AKBP Yulian Perdana, S.I.K., kepada sejumlah awak media saat Konferensi Pers di Ruang Vicon Mapolres Banjar, Jalan Siliwangi No.145, Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa, (21/05/2019).

Kapolres menjelaskan, bahwa ketiga pelaku tersebut memang memanfaatkan kondisi korban yang berkebutuhan khusus. Tersangka mengajak korban bepergian dengan menggunakan motor dibawa menuju alun-alun Langensari, selanjutnya dibawa ke stasiun kereta api, dan Mandalare kemudian disana tersangka melakukan perbuatan cabul,” jelasnya.

“Alhamdulillah itu bisa diungkap, satu tersangka berinisial JO alias Tablo (26) dan ZA yang masih dibawah umur. Untuk satu tersangka masih dalam DPO (Daftar Pencarian Orang) yang berinisial H, insyaallah dalam waktu dekat ini bisa kita tangkap,” ungkapya.

Atas perbuatan yang dilakukan oleh JO (26), Kapolres Banjar mengatakan, tersangka akan dijerat Pasal 82 Ayat 1 Jo Pasal 76E UU RI No 23 Tahun 2002 diubah UU RI No 35 Tahun 2014 diubah terakhir UU RI No 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. “Sedangkan untuk anak dibawah umur ada mekanisme nya tersendiri,” jelas Kapolres.

Kapolres menghimbau kepada seluruh orang tua agar terus mengawasi pergaulan anak-anaknya dan benar-benar menjaga keselamatan anak-anaknya, terutama anak di bawah umur,” ucapnya. (Sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here