Pesona Garut Intan Carnaval siap Digelar

0

Garut, Voiceofjabar.com – Kegiatan tahunan yang sudah menjadi Kalender of Event Kab. Garut, Pesona Garut Intan Carnival direncanakan akan digelar pada hari Sabtu-Minggu (20-21/10) mendatang.

Ketua Pelaksana Garut Intan Carnival (GIC) Irno Sukarno Putra, mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia (27 September), Hari Batik Sedunia (2 Oktober), dan sekaligus memperingati Hari TNI ke 73.

“Acara ini akan dilaksanakan di Jalan Veteran Pusat Kota Garut tepatnya di depan Makodim 0611 Garut dengan thema Batik Mewarnai Pariwisata Indonesiam,”
kata Irno.

Ia menuturkan, GIC digagas awal pelaksanaannya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut pada tahun 2015 berbarengan dengan Pelaksanaan Gebyar Budaya Hari Jadi Garut.

Bahkan, setiap tahun pun GIC dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Garut (HJG)
pada Februari atau Maret.

Irno menerangkan, gelaran GIC merupakan bagian dari helaran Seni-Budaya Tradisional yang sudah sejak awal menjadi ikon dan daya tarik dari Kegiatan Perayaan Hari Jadi Garut.

“Pada pelaksanaan ke-2 di tahun 2016, gelaran dimeriahkan juga dengan Parade tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan busana/seragam Batik Garutannya,” ujar Irno.

Ia menyebutkan, mengingat animo masyarakat yang cukup besar, ditandai dengan banyaknya peserta karnaval busana kebesarannya dari luar Garut, maka acara GIC ke empat tahun 2018 ini dipisahkan dari rangkaian Peringatan Hari Jadi Garut menjadi pada bulan September Oktober.

Menurut Irno, Tema pelaksanaanpun lebih umum seiring dengan penetapan Tagline Kepariwisataan yakni Pesona Indonesia Pesona Jawa Barat, dan Pesona Garut.

“Maka nama Event GIC pun mendapatkan tambahan menjadi Pesona Garut Intan Carnival yang sekaligus waktu itu dijadikan thema pelaksanaan Kegiatan GIC tahun 2017,” kata Irno Sukarno Putra.

Kabarpriangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here