Pertama dalam Sejarah, PDIP Pimpin Kabupaten Tasikmalaya

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan untuk kali pertama duduk memimpin Kabupaten Tasikmalaya sepanjang sejarah pergantian kepala daerah di wilayah tersebut.

Sebelumnya, pasca reformasi, Kabupaten Tasikmalaya pernah dipimpin oleh beberapa kader Partai Persatuan Pembagunan (PPP) yakni Tatang Farhanul Hakim periode 2001–2006 dan terpilih kembali untuk masa 2006–2011.

Kepemimpinan diteruskan oleh kader PPP lainnya, Uu Ruzhanul Ulum periode 2011- 2015 bersama wakilnya Ade Sugianto. Lalu, keduanya terpilih kembali pada pilkada 2016 tanpa lawan alias calon tunggal.

Adalah Ade Sugianto, kini menjadi pengganti Uu. Ia merupakan seorang kader PDIP Tasikmalaya resmi dilantik menjadi Bupati Tasikmalaya pada Senin (3/12) malam oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung.

Ia menggantikan posisi Uu Ruzhanul Ulum yang telah berhenti jadi bupati dan saat ini menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat. Ade akan mengisi kursi pemerintahan hingga tahun 2021 mendatang.

Ade Sugianto merupakan wakil bupati mendampingi Uu Ruzhanul dalam Pilkada 2016. Pada Pilkada serentak 2018, Uu ikut dalam kontestasi mendampingi Ridwan Kamil sehingga secara aturan posisi Cabup diisi wakilnya.

Ridwan Kamil pun menitipkan beberapa pesan kepada Ade dalam menjalani sisa masa pemerintahan ke depan. Pertama meningkatkan integritas pemerintahan, percepatan pelayanan publik, dan kondusifitas sosial politik.

“Bupati Tasikmalaya masa jabatan 2016-2021 yaitu Saudara Uu Ruzhanul Ulum telah dilantik menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat sehingga mengharuskan beliau untuk berhenti dari jabatannya sebagai Bupati Tasikmalaya,”ungap Emil dalam sambutannya.

Karir politik Ade saat ini tak lepas dari seluruh rekam jejak yang ia torehkan pada masa sebelumnya. Sejarah mencatat, Ade pernah mengisi pos-pos strategis di kursi parlemen Kabupaten Tasikmalaya.

Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Tasikmalaya periode 1999-2004, Wakil Ketua DPRD Kab. Tasikmalaya periode 2009-2014 dilanjutkan sebagai Wakil Bupati Tasikmalaya sejak 8 Maret 2011.

Melalui pilkada serentak tahun 2015, serta menjadi salah satu dari 3 pasangan calon tunggal pertama di Indonesia, Ade Sugianto menjabat kembali sebagai Wakil Bupati untuk yang kedua kalinya pada 8 Maret 2016.

Ade Sugianto adalah Wakil Bupati Tasikmalaya pertama yang menjabat dua periode berturut-turut, serta Bupati pertama yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Bupati.

Sebelum menjadi bupati, DPRD Kabupaten Tasikmalaya sempat menggelar rapat paripurna 31 Oktober 2018 untuk menentukan siapa calon bupati pengganti Uu.

Seluruh peserta sidang menyepakati nama Ade Sugianto adalah yang diusulkan. (red)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here