Persiapan Mudik, Dishub Kab Tasik Fokus pada Uji Kelayakan Kendaraan

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Kendati ritual mudik lebaran masih lama, persiapan untuk menyambut kedatangannya sudah dimatangkan. Misal dari sisi tertib lalu lintas arus mudik yang diperkirakan meningkat tajam seperti yang sudah-sudah. Seperti diketahui, pemudik dengan tujuan selatan jawa melintasi dua arah yakni via Garut dan via Kadipaten.

“Kami sudah beberapa kali rapat dengan Dishub Provinsi. Prinsipnya di daerah kami membantu, membantu untuk kegiatan arus mudik ini sesuai dengan tupoksi kami dan kewenangan,”ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya, Heri Bimantoro kepada VOJ, Rabu, (31/05).

Di antara kewenangan tersebut, kata dia, lebih menitikberatkan pada aspek kondisi kendaraan.  Seberapa layak kendaraan tersebut dipakai mudik. Sebab bagian ini, katanya, menjadi salah satu indikator keselamatan pemudik saat menempuh perjalanan jauh utamanya. Terlebih kendaraan umum yang melibatkan banyak penumpang.

“Jadi kalau masalahnya terletak di kendaraan tentu itu bagian dari tupoksi Dinas Perhubungan, apakah kendaraan itu ada uji kir, kalau diujinya seperti apa itu bagian dari keterkaitan dengan Tupoksi kami di Dinas Perhubungan,”terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengharuskan kendaraan umum melakukan pengecekan atau ram check berkala. Dishub sendiri memfasilitasi pengecekan kendaraan di beberapa terminal seperti di Terminal Singaparna, Terminal Rajapolah, Terminal Ciawi dan Terminal Sukaraja.

“Jadi yang kami lihat adalah fungsi Dishub bagaimana kendaraan itu laik jalan atau tidak, itu di sini pungsi Dishub dan Ram Chek beberapa kali dilakukan. Nanti H-7 akan kami gelar kembali ramcek,”ujarnya.

Untuk memantau arus mudik sendiri, Dishub Kabupaten Tasikmalayaembuka empat posko yang disebar di dua jalur mudik wilayah selatan, yakni di depan kantor dishub sebagai posko induk, di Pamoyanan, Ciawi, Rajapolah dan Salawu. (jang)

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here