Peran Keluarga & Masyarakat Penting dalam Pendidikan

0

KAB CIAMIS, Voiceofjabar.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) menggelar Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Pengawas, Penilik, Kepala Satuan Pendidikan jenjang PAUD, TK, SD, SMP dan PNF tentang pelibatan keluarga dalam Penyelenggaraan pendidikan yang berlangsung di salah satu Hotel di Ciamis, Senin (9/9/19).

Kasi Kelembagaan Paud dan PNF, Hj Lilis Budimulyani mengatakan bahwa kegiatan yang menyasar 615 orang ini dibagi menjadi 3 angkatan yakni masing-masing 196 orang.

Menurutnya, pembinaan pendidikan keluarga ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak dalam rangka menciptakan anak yang cerdas dan berakhlak.

“Permasalahan pendidikan tentu tak hanya menjadi tanggung jawab sekolah tetapi peran keluarga dan masyarakat sangat penting untuk mendukung harmonisasi dan keberhasilan pendidikan,” tegasnya.

Dengan demikian, Hj Lilis memandang bahwa peran pendidikan keluarga sangatlah penting, di samping hubungan dengan anak di lingkungan sekolah, orangtua pun harus aktif mengetahui sejauh mana perkembangan anak di sekolah.

Sementara Hj Rita Apollonia selaku fasilitator pendidikan keluarga berharap Kepala satuan pendidikan bisa mengimplementasikan peran pendidikan keluarga disekolah dengan berlandaskan Permendikbud No 30 Tahun 2017.

“Peran pendidikan keluarga di sekolah sebetulnya sudah berjalan, hanya untuk mengimplementasikan Permendikbud No 30 Tahun 2017 baru sekarang setelah sosialisasi ini dilaksanakan,” katanya.

Keluarga, sekolah dan masyarakat harus terlibat untuk mewujudkan kerjasama keselarasan pendidikan, orang tua diharapkan ikut terlibat mengawasi pendidikan anak di sekolah, mengutamakan komunikasi dengan anak agar tak terjerumus dengan hal-hal negatif, memberikan apresiasi atas segala prestasi yang didapat anak. Jika hal ini dilakukan, anak tak hanya pintar tapi juga benar, menjadi pribadi yang berkarakter positif.

” Point penting dalam pendidikan keluarga itu yakni Tri Sentra pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, bahwa Tri Sentra pendidikan itu antara pelibatan keluarga, sekolah dan masyarakat,” pungkasnya. (far)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here