Pemkab Tasik Prioritaskan Galunggung & Karang Tawulan

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Kendati objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya cukup banyak, namun Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan fokus menata dua destinasi saja yakni Pantai Karang Tawulan dan Gunung Galunggung dalam tiga tahun ke depan.

“Tempat wisata yang lain juga kita kembangkan tetapi untuk sekarang ini kita lebih memprioritaskan dua tempat wisata yang itu tadi yang lainnya itu nanti akan bertahap,”ungkap Kabid Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata, Pemuda & Olah Raga, Kab Tasikmalaya, Erna Rumia Septiandini kepda VOJ belum lama ini.

Penataan kedua destinasi itu akan dirancang, didesain secara khusus agar lebih menarik dari yang tampak hari ini. Dari mulai pintu masuk hingga ke kolam Cipanas. “Ke depannya mudah-mudahan bisa menjadi ikon pariwisata Tasikmalaya,”ujarnya.

Sedangkan pembangunan dan pembenahan yang sekarang ini sedang berlangsung, imbuh dia, baru seputar pengadaan sarana umum yakni penambahan kios-kios, perluasan lahan parkir, mushala dan toilet. Sedangkan untuk menambah wahana lainnya masih dalam tahap rencana.

Ia bermimpi objek wisata Galunggung bisa seperti Gunung Kid di Yogyakarta yang begitu cepat pertumbuhan pariwisatanya karena berpasu dengan kreativitas masyarakat setempat.

“Saya berharap tempat-tempat wisata yang ada di Tasikmalaya ini khususnya masyarakat yang ada di sekitar harus punya inisiatif dan kreatifitas juga untuk mengembangkan wisata tersebut, karena ini juga kan untuk pemberdayaan ekonomi warga sekitar,”jelasnya.

Untuk membiayai pengembangan Galunggung dan Karangtawulan ini, kata Erna, tak cukup mengandalkan APBD Kabupaten. Butuh suntikan tambahan dari provinsi dan pusat bahkan swasta.

“Untuk kedepannya kita juga ada rencana untuk menggandeng investor untuk pengembangan wisata yang lain dan akan dibicarakan dengan semua pihak,”katanya. (jang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here