Pemkab Garut Siapkan Ratusan Kepala Sekolah untuk Garut Selatan

0

Garut, Voiceofjabar.com – Dalam rangka persiapan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Garut Selatan, Pemkab Garut sedang mempersiapkan kebutuhan tenaga pendidik dan kepala sekolah untuk ditugaskan di sana.

Kendati pembahasan pemekaran wilayah masih dirancang pemerintah pusat dan belum tentu kapan ketuk palu, Pemkab Garut memandang perlu untuk melakukan persiapan jauh-jauh hari.

“Sebagai persiapan pemekaran kami siapkan SDM-nya sekarang agar kualitas sekolah di Garut Selatan merata,” kata Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman di Garut, Minggu (6/10/2019) melansir ayobandung.com.

Sejauh ini, kata Helmi, porsi jumlah kepala sekolah yang dibutuhkan sebanyak 220 orang. 180 orang untuk SD dan 40 orang untuk SMP. Seluruhnya diprioritaskan warga Garut Selatan.

Artinya, tenaga pendidik yang tinggal di kawasan Gasela diprioritaskan Pemkab Garut untuk bertugas.

“Orang yang dari Garut Selatan itu mengisi sekolah-sekolah di sana,” lanjutnya.

Ia berharap, prioritas pegawai asal daerah itu nantinya tidak akan ada pemindahan pegawai dari kabupaten induk ke DOB Garut Selatan karena dikhawatirkan bisa mengganggu kinerja di lingkungan pendidikan.

Helmi mengemukakan sudah memerintahkan langsung kepada Dinas Pendidikan Garut untuk menempatkan sekolah di Selatan oleh orang yang tinggal di sana, bukan dari wilayah Utara Garut atau perkotaan.

“Saya sudah minta yang mengisi sekolah daerah Selatan adalah orang Selatan,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong menambahkan telah mempersiapkan tahapan seleksi untuk penempatan jabatan kepala sekolah di Selatan Garut.

Ia berharap, warga Selatan itu bisa lebih mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikannya untuk daerahnya itu sehingga terwujud anak didik yang berkualitas.

“Kami berupaya semua mendapatkan pelayanan pendidikan sama termasuk wilayah Garut Selatan,” tambahnya. (rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here