Pemkab Garut Sabet Penghargaan dari Kemenpan RI

0

Garut, Voiceofjabar.com –  Kabupaten Garut kembali meraih prestasi dengan raihan penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu ( DPMPT ) Kabupaten Garut.

Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH., MH. MP, di Balai Kartini Jakarta, Selasa 27 November 2018. Penghargaan kepada Bupati Garut H Rudy Gunawan sebagai hasil dari evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik.

”Penghargaan itu adalah bonus, yang utama masyarakat Garut dapat menikmati dan puas atas penyelenggaraan pelayanan publik di Garut. Segala kekurangan yang ada kita perbaiki dan pelayanan yang sudah baik kita tingkatkan lagi agar kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik semakin baik,” ujar Bupati usai menerima penghargaan.

Penghargaan ini merupakan komitmen Pemkab Garut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya terkait perizinan dikeluarkan bila memenuhi ketentuan.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan, untuk tingkat provinsi, ada 3 unit penyelenggara pelayanan publik yang meraih nilai A, dan 4 unit dengan nilai A-. Sedangkan di tingkat kabupaten/kota, ada 13 unit yang meraih nilai A, dan 82 unit yang mendapat nilai A.

“Kami telah mengundang 61 Kepala Daerah yang akan menerima hasil evaluasi dimaksud pada acara Penyampaian Hasil Evaluasi Pelayanan Publik dan Pemberian Apresiasi Unit Penyelenggara Pelayanan Publik 2018,” ujarnya di Jakarta, Senin (26/11).

Dijelaskan, berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 176 Tahun 2018 tentang Penetapan Kementerian/Lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik sebagai Lokasi Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2018, evaluasi pelayanan publik tahun 2018 ini dilakukan pada unit penyelenggara pelayanan publik di 34 provinsi dan 208 di tingkat kabupaten/kota. Evaluasi telah dilakukan mulai bulan Mei sampai dengan Oktober 2018. Untuk Pemerintah Provinsi, unit penyelenggara pelayanan publik yang dilakukan evaluasi adalah DPMPTSP, Samsat/Badan Pendapatan Daerah, dan RSUD Provinsi. Ada 29 RSUD Provinsi, 32 DPMPTSP Provinsi dan 32 Samsat yang dievaluasi.

Sedangkan unit penyelenggara pelayanan publik pada tingkat kabupaten/kota meliputi Disdukcapil, DPMPTSP, dan RSUD Kab/Kota. Evaluasi ini dilakukan terhadap 186 RSUD Kabupaten/Kota, 201 DPMPTSP Kabupaten/Kota dan 201 Disdukcapil Kabupaten/Kota.
Evaluasi tersebut merupakan amanat dari Undang-Undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik, pasal 7 ayat (3) yang berbunyi Menteri yang bertanggung jawab di bidang pendayagunaan aparatur negara bertugas merumuskan kebijakan nasional tentang pelayanan publik, serta melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik.

Ditambahkan, pada tahun 2018 ini, untuk pertama kalinya evaluasi pelayanan publik dilakukan secara _online_. Hasil evaluasi selanjutnya diolah dalam Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP). Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada enam aspek yang dievaluasi, yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, sistem konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

Mengingat banyaknya unit penyelenggara pelayanan publik yang harus dievaluasi, tahun ini, Kementerian PANRB menggandeng Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk membantu melakukan evaluasi

“Kedepan, kami harapkan bisa bekerjasama Biro Organisasi Provinsi untuk membantu melakukan evaluasi,” imbuh Diah.

Sementara itu Kepala DPMPT Kabupaten Garut, Drs.Zat Zat Munazat, M.Si, Selasa (27/11), usia menerima penghargaan, menuturkan, apresiasi Kemenpan RB terhadap kinerja DPMPT Kabupaten Garut merupakan salah satu dari sekian banyak bentuk penghargaan yang disampaikan oleh pemerintah pusat maupun provinsi dan Kabupaten

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupasi (KPK) memberikan apresiasi melalui nilai rata-rata MCP (Media Center Preventention) – media yang mengawasi zona korupsi terhadap kinerja pelayanan publik Pemerintah.

Diskominfo Garut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here