Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Jabar Belum Ideal

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Puluhan penyandang disabilitas dari Disabilitas Bergerak Jawa Barat mendatangi Komisi V DPRD Jawa Barat belum lama ini. Mereka menyampaikan keluhan terkait pemenuhan hak yang selama ini belum mereka peroleh dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kita ingin mendorong pemerintah dalam hal ini eksekutif, legislative dan stakeholder lainnya supaya bisa diundang dan duduk bersama ini adalah untuk menyamakan persepsi” ucap Koordinator Disbilitas Bergerak Jawa Barat Irpan Rustandi kepada media.

Menurutnya, hak penyandang disabilitas seperti pendidikan, ekonomi dan yang lainnya belum terselesaikan secara ideal kendati sudah dijamin oleh undang-undang baru nomor 28 tahun 2013 tentang pemenuhan terhadap hak penyandang disabilitas.

“Kita ingin menghapus orientasi Charity Minded, jadi tidak lagi bahwa penyandang disabilitas dikasihani tapi lebih pada dipenuhi hak-haknya agar mandiri,”katanya.

Menanggapi aspirasi tersebut, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Habib Syarief Muhammad mengatakan bahwa sampai saat ini DPRD bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus melakukan upaya untuk memenuhi hak-hak penyandang disabilitas di Jawa Barat. Ia pun merasa prihatin ketika mengetahui bahwa kondisi penyandang disabilitas saat ini masih memprihatinkan.

“Ini cukup membuat kami prihatin dan terharu karena untuk Provinsi Jawa Barat kedepan perlu betul-betul memberikan perhatian yang khusus kepada kaum disabilitas, kita malu dengan provinsi-provinsi yang lain yang sudah memberikan perhatian yang serius terhadap permasalahan ini” kata Habib.

Habib menilai bahwa permasalahan terkait pemenuhan hak para penyandang disabilitas di Jawa Barat kini harus menjadi salah satu perhatian yang serius bagi pemerintah. Dengan kondisi permasalahan yang kompleks, Habib menginginkan penanganan permasalahan ini harus dikaji secara komprehensif, sehingga menepis anggapan bahwa Provinsi Jawa Barat belum ramah untuk penyandang disabilitas.

“Karena ini masalahnya betul-betul kompleks mereka perlu perhatian secara komprehensif dari mulai penyediaan bangunan, fasilitas kesehatan, pengetahuan dan sebagainya. Teru juga kurangnya pengetahuan dan kesadaran dari masyarakat terkait perhatian kepada penyandang disabilitas,”terangnya

“Tentunya ini adalah ranah yang harus kami cairkan kedepan, sehingga secara bertahap Provinsi Jawa Barat bias memberikan sebuah perhatian yang benar-benar layak,”jelasnya lagi. (red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here