Pelaku Ekonomi Kreatif Tasik Dibekali Teknik Managemen Keuangan

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com  – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Akses Permodalan Bekraf kembali hadir di Tasikmalaya dengan menyelenggarakan Seri Kelas Keuangan (SKK) Kelas Manajemen Keuangan Usaha Ekonomi Kreatif (ekraf). Bekraf membekali 100 pelaku usaha kreatif di Tasikmalaya tentang manajemen keuangan usaha.

Selama satu hari penuh, 100 pelaku usaha kreatif Tasikmalaya mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari praktisi keuangan Hari ‘Soul’ Putra, motivasi sukses usaha oleh pemilik Kebab Turki Baba Rafi Nilam Sari, serta informasi produk pembiayaan perbankan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tasikmalaya.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah juga hadir pada acara ini untuk menjadi keynote speaker dan mengutarakan dukungan DPR bagi pelaku ekraf.

“Bekraf menggunakan model pelatihan praktek langsung pembuatan pembukuan. Diharapkan pelaku usaha kreatif Tasikmalaya mampu membuat pembukuan dan mengaplikasikan pelatihan manajemen keuangan ini untuk mengembangkan usaha mereka,” ucap Deputi Akses Permodalan Fadjar Hutomo.

Praktisi keuangan Hari “Soul” Putra bukan hanya menjelaskan manajemen keuangan usaha yang baik dan benar, tetapi juga memberi pelatihan pembuatan pembukuan. Pembukuan ini bisa dijadikan _history record_ keuangan usaha untuk mengakses pembiayaan perbankan.
Hari menginformasikan hal pokok yang perlu diketahui pelaku usaha kreatif antara lain nilai perusahaan, profit perusahaan, dan arus kas. Ia menekankan pentingnya memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis serta memiliki laporan keuangan bisnis. Hari menambahkan _point_ yang perlu disebutkan pada proposal pengajuan pembiayaan perbankan untuk meyakinkan perbankan bisnis pelaku usaha ekraf layak dimodali.

Bekraf mendatangkan perbankan pemberi kredit usaha rakyat yaitu BRI Tasikmalaya untuk memperkenalkan produk perbankan BRI sekaligus syarat memperolehnya, dan menjelaskan pentingnya bankable untuk mengakses produk mereka.

Pemilik Kebab Turki Baba Rafi, Nilam Sari, menceritakan kisah sukses usahanya untuk menginspirasi para pelaku usaha kreatif di Tasikmalaya. Diharapkan mereka termotivasi mengembangkan usaha bukan hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri seperti Kebab Turki Baba Rafi yang sudah bisa dijumpai di luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia.

“Kami melengkapi SKK ini dengan menghadirkan perbankan yang siap menyalurkan pembiayaan kepada pelaku usaha kreatif yang memenuhi syarat supaya pelaku ekraf Tasikmalaya memperoleh pengetahuan pembiayaan perbankan. Pelaku usaha kreatif yang sukses juga kami datangkan sekaligus untuk membagikan wawasan mengatasi tantangan dalam menjalankan usaha,” pungkas Fadjar. (jang)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here