Pelajar Papua di Ciamis Larut dalam Keceriaan Haornas ke-36

0

CIAMIS, Voiceofjabar.com – Siswa-siswi Papua yang bersekolah di Ciamis menjadi Tamu Kehormatan dalam rangka Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) yang ke-36 di SMA Informatika, Rabu (11/9/19).

Moment yang penuh kehangatan tersebut diisi dengan potong tumpeng dilanjutkan makan siang bersama siswa-siswi Papua.

Sebelum makan siang bersama berlangsung, siswa-siswi Papua tersebut berbaur dengan siswa-siswi SMA Informatika untuk mengikuti gerak jalan sehat yang dilepas oleh Wakil Bupati Ciamis pada pagi hari.

Ketua Yayasan Pendidikan Bina Nusantara, Tatang Jauhari mengatakan bahwa momentum Haornas ini kita mencoba untuk mempersatukan lintas suku, agama dan budaya, makanya dikegiatan ini ada saudara-saudara kita, ade-ade kita dari Papua,” ucapnya.

“Walaupun ade-ade kita dari Papua ini bukan murid dari SMA Informatika, namun kita sangat peduli pada ade-ade kita, sebagai warga Negara Indonesia dan masyarakat Ciamis, kita sangat tersentuh, Alhamdulilah mereka senang bisa berbagi dengan kita,” tutur Tatang

“Selain Deklarasi Damai pemersatu bangsa, sehat kuat, Bersinergi, anti rasis, unggul dalam Kompetensi Global di hari Olahraga Nasional ke 36 Tahun 2019, kita juga telah melakukan bakti sosial di alun-alun Ciamis dengan membersihkan sampah dan menyirami tumbuhan,”tambahnya.

Menurutnya, makna penting dalam kegiatan tersebut yakni semua bisa kuat dan hebat apabila kita bergandeng tangan dengan secara bersama-sama dalam kepekaan sosial, lingkungan, sehingga pesan ini bisa tersampaikan kepada generasi muda untuk lebih peduli terhadap alam dan sosial di masyarakat,” ujarnya.

Sementara Kepala Sekola SMA Informatika Kabupaten Ciamis, Asep Dhana Kusyaman mengaku bahwa ada 4 point penting pendidikan karakter yang sengaja kami tanamkan dalam moment Haornas yang ke 36 Tahun 2019 ini.

Menurutnya, 4 point tersebut yakni siswa-siswi harus menghargai jasa-jasa olahragawan yang sudah mengharumkan Kabupaten Ciamis, baik tingkat Jawa Barat, Nasional dan Internasional, selain itu membersihkan sampah dan menyirami tanaman merupakan pembelajaran untuk seluruh siswa.

“Selain itu kita sengaja menghadirkan siswa-siswi dari Papua yang bersekolah dan tinggal di Ciamis, alhamdulilah kebersamaan siswa-siswi SMA Informatika dengan ade-ade Papua ini sangat begitu hangat,”ujarnya.

Asep juga menjelaskan, kebersamaan yang begitu hangat tersebut dilanjutkan dengan makan siang bersama dengan hanya beralaskan daun pisang.

“Karakter yang kami tanamkan sejak dini,” jelasnya.

Dengan demikian, Asep berharap kebersamaan ini terus terjaga dengan baik, kita bersama dan berdampingan tanpa adanya perbedaan kulit, agama, suku, bangsa dan budaya, kita sama warga Negara Kesatuan Republik Indonesia” harapnya.

Selain itu Asep juga berharap mudah-mudahan generasi muda ini dan lainnya yang telah mengharumkan nama Kabupaten Ciamis, hingga Jawa Barat, Nasional dan Internasional bisa lebih berprestasi dalam kancah olahraga,” pungkasnya. (far)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here