Pasca Bencana, Dompet Dhuafa Turun Tangan Pulihkan Garut

0

BANDUNG, Voiceofjabar.com —Musibah banjir bandang di Garut beberapa bulan lalu menyisakan puing-puing derita. Kerugian materil maupun trauma psikis  hingga kini masih belum teratasi secara sempurna.  Perputaran roda ekonomi pun lumpuh.

Kondisi memprihatinkan itu mengundang empati lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa.  Lembaga ini mencoba melakukan pergerakan program pemulihan pasca bencana. Salah satunya membangun rumah warga yang hancur.

Ratusan rumah yang direlokasi merupakan rumah-rumah yang sebelumnya menempati daerah aliran sungai (DAS) sehingga ancaman serta terjadinya korban akan timbul kembali. Maka banyak instansi maupun lembaga seperti Dompet Dhuafa berkerja sama dengan pemerintah, perushaan, maupun mitra lainnya.

Dalam hal ini, Dompet Dhuafa menggandeng Wali Kota Bandung dalam menunaikan program tersebut. Belasan rumah rakyat ramah lingkungan di Kampung Penanggungan, Desa Lengkong Jaya, Kecamatan Karangpawitan, Garut menjadi target.

“Kerja sama ini merupakan berbasis kerja sama tematik dengan Walikota Bandung, baik tentang pendidikan, kampanye zakat, maupun tentang recovery bencana di Garut saat ini,” kata Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa Filantropi, Bambang Suherman, dalam siaran pers.

Ia berharap kerja sama tersebut  menjadi sinyal positif bahwa adanya perhatian dari pemerintah terhadap lembaga zakat seperti Dompet Dhuafa.

“Dalam mengelola aspek-aspek kemanusiaan diruang bencana, selama ini kita berharap aktivitas Dompet Dhuafa yang berhubungan langsung dengan masalah kemanusiaan bisa bekerjasama dengan berbagai pihak terutama pemerintah daerah,” terang Bambang. (red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here