Pasar Desa di Garut Menjamur

0

Garut, Voiceofjabar.com – Di Kabupaten Garut, pasar desa mulai tumbuh. Inisiasi pembangunan pasar desa sendiri yakni dalam rangka membangun perekonomian masyarakat pedesaan.

Salah satu contohnya di Desa Pangaoban Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Kepala Desa Pangaoban Dede Kusdinar mengatakan pasar desa di wikayahnya dibangun di atas tanah milik desa seluas 8400 meter dengan dana bantuan dari provinsi.

“Kami membangun dari dana bantuan provinsi sebesar Rp500 juta pada tahun 2009 dan sudah memiliki 120 kios,”katanya kepada VOJ belum lama ini.

Bahkan tahun ini, kata dia, provinsi pun menggelontorkan bantuan sebesar Rp2,3 miliar untuk pembangunan pasar desa baru di 5 Desa yang ada di sekitar desa Pangauban yakni di Desa Simpangsari, Desa Pakuwon, Desa Pamulihan, Desa Cipaganti dan Desa Sirnajaya.

“Semuanya diisi oleh pedagang masyarakat dan semua jenis dagangan. Tidak ada biaya sewa kios. Paling untuk kebersihan saja,”katanya.

Pasar desa hanya beroperasi setiap hari selasa dan sabtu. Kendati demikian, akses jalan utama menuju pasar tampak rusak. Ia pun berharap agar pemerintah juga memperhatikan infrastruktur jalan karena sangat berpengaruh terhadap geliat ekonomi masyarakat.

“Harapan ke depan jalan dari 12 km dari simpang ke ibu kota kecamatan,  baru 5km yang sudah hotmic. Sisanya rusak. Harapan kami jalan harus jadi prioritas karena akan menunjang ekonomi masyarakat,”harapnya. (yef)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here