Panwas Kota Banjar Libatkan 25 OKP dalam Pengawasan Partisipatif

0

BANJAR,  voiceofjabar.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Banjar mengadakan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan Organisasi Kepemudaan (OKP) se-Kota Banjar, Jum’at 25 mei 2018.

Kegiatan tersebut dalam rangka  Pilkada serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Banjar Tahun 2018.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Komisioner Panwaslu Kota Banjar Rudi Ilham Ginanjar, Zaenal Muttaqin, Asep Barkah. Hadir juga selaku narasumber yakni Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis dan Egi selaku perwakilan dari KNPI Kota Banjar.

Rudi Ilham, Anggota komisioner Panwaslu Kota Banjar mengatakan tujuan sosialisasi tersebut supaya terbangunnya sebuah sinergi antara OKP dan Panwas.

“Kalau secara formal tugas Panwas adalah mengawasi semua lapisan masyarakat yang ada di Kota Banjar. Maka dengan itu kami melibatkan OKP-OKP karena mempunyai struktur sampai ke bawah dan kami berharap mereka nantinya bisa membantu kami panwaslu dalam bidang pengawasan tersebut, karena personil kami terbatas,”ujarnya.

Jumlah OKP yang terdaftar di KNPI Kota Banjar sebanyak 25 OKP. Beberapa di antaranya sudah tersentuh oleh sosialisasi tersebut sebelumnya.

“Jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi sekarang ada 100 orang dari jumlah 20 OKP yang sekarang hadir,” ujarnya.

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis mengatakan kegiatan Panwas tersebut sangat positif bagi kelangsungan pilkada Kota Banjar. Tak hanya mendorong terhadap partisipasi pemilih, melainkan melibatkan masyarakat untuk mengawasi jalannya pilkada.

“Yang dilakukan panwas itu baik, kenapa saya bilang baik,  karena untuk meningkatkan partisipatif untuk melibatkan masyarakat, apalagi yang diundang adalah komponen-komponen pemuda dan akan jauh lebih epektif, tidak saja dalam pengawasan tapi lebih ke aspek bagaimana keterlibatan mereka dalam suksesnya Pilkada. Maka dengan itu saya apresiasi sekali terhadap teman-teman Panwas, ” ungkapnya. (AM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here