Olimpiade Siswa, Bupati Tasik Siapkan “Uang Kadeudeuh” bagi Juara Umum

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menilai kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), selain silaturahmi, juga sebagai salah satu usaha pemerintah daerah dalam mensukseskan cita-cita dan keinginan peserta didik. Dua item yang menjadi ladang untuk menuai sukses adalah bidang seni dan olah raga.

“Sukses seseorang tidak hanya dilihat dari akademis saja rangking dan nilai setiap mata pelajaran. Tetapi ada kemampuan lain potensi lain yang harus dikembangkan oleh para guru termasuk pemerintah untuk menjadi anak sukses,”ungkap Uu saat memberi sambutan dalam acara pembukaan kegiatan O2SN di Komplek Olah Raga Dadaha, Senin, (03/04).

Bakat dan kemampuan anak didik di dua bidang tersebut, jelas Uu, harus diawali dengan adanya sinkronisasi antara guru dan murid. Guru harus mendorong siswa untuk mengembangkan bakatnya. Murid juga harus punya inisiatif untuk menjalankannya.

Yaang kedua, sambung Uu, O2SN tersebut juga sebagai sarana evaluasi bagi guru sejauh mana penerapan  ilmu yang sudah diberika atau teori yang disampaikan terhadap anak didik.

“Apakah dapat medali atau tidak? Kalau dapat medali ditingkatkan, minimal bertahan.  Kalau belum harus terus dikejar sampai dapat medali,”tegasnya.

Berikutnya, kata Uu, kegiatan tersebut juga sebagai wahana pencarian bibit atlet muda yang unggul untuk diikutsertakan dalam arena O2SN tingkat provinsi dan nasional. Yang paling penting efek dari kegiatan ini, jelas Uu lagi, siswa memiliki badan yang sehat, memiliki jiwa sportif dan memiliki mental bersaing.

“Saya ingin Kabupaten Tasikmalaya memiliki atlet yang menjadi juara ditingkat nasional, disini sebagai alat ukurnya,”katanya.

Bupati pun menjanjikan reward berupa uang kadeudeuh (uang kasih sayang) bagi peserta juara umum dalam helatan tersebut. Meski nominalnya tak disebutkan, namun menurutnya reward adalah hal niscaya. Anggaran pemerintah harus ada untuk peserta berprestasi.

“Sebab olah raga tanpa anggaran itu sulit,”pungkasnya. (Jang)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here