OJK Tasik: Kinerja Perbankan 2017 Cukup Baik

0

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya merilis terkait Perkembangan Kinerja Perbankan dan Tim Percepatan Akses Kuangan Daerah (TPAKD).

Ketua OJK Tasikmalaya Iwan M. Ridwan mengatakan dalam rentang waktu triwulan I tahun 2017, perkembangan kinerja perbankan di wilayah kerja kantor OJK Tasikmalaya secara umum cukup baik. Hal itu tercermin dari peningkatan aset Dana Pihak Ketiga (DPK).

Ia merinci bahwa penyaluran kredit pembiayaan secara total pada Bank Konvensional masing-masing sebesar 7,54%,  1,62% dan 6,49% dengan kualitas rasio di atas 100%.

Sedangkan pada Bank Syariah menunjukkan posisi masing-masing sebesar 14,51%, 16,23% dan 11,52% dengan kualitas rasio Non Performing Loan / Non Performing Financing di bawah 5% dan Loan to Deposit rasio di atas 100%.

Sementara itu, perkembangan kinerja perusahaan pembiayaan di wilayah kerja kantor OJK Tasikmalaya posisi bulan Maret 2017, apabila ditinjau dari jenis kegiatan mendapatkan sumbangan terbesar dari pembiayaan Multi Guna dan pembiayaan Jual Beli berdasarkan prinsip Syariah.

Sedangkan kinerja perusahaan pembiayaan berdasarkan sektor ekonomi sebagai penyumbang terbesar yaitu berasal dari sektor bukan lapangan usaha lainnya, sektor rumah tangga, sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor serta sektor Industri Pengolahan.

Selain melakukan tugas pengaturan dan pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK), terang Iwan,  kantor OJK Tasikmalaya juga melakukan upaya perlindungan konsumen    sektor jasa keuangan melalui penyediaan ruang Edukasi Perlindungan Konsumen (EPK).

Sepanjang tahun 2106, tercatat 129 laporan perlindungan konsumen terdiri dari pemberian informasi keuangan, 116  penerimaan informasi keuangan dan menangani 4 pengaduan nasabah LIK.

Sedangkan hingga triwulan I 2107, kantor OJK tasikmalaya telah melayani 92 laporan perlindungan konsumen terdiri dari 24 pemberian informasi keuangan, 67 penerimaan informasi keuangan dan menangani 1 pengaduan nasabah LIK.

“Dan saya harap semua masyarakat tahu apa kerja OJK ini,”pungkasnya. (jang)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here