Nama Jalan Majapahit & Hayam Wuruk di Tanah Pasundan Dilaunching Tahun ini

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Proses rekonsiliasi Sunda – Jawa masih terus berlanjut. Setelah nama Jalan Siliwangi dan Jalan Pajajaran disematkan tanah Majapahit, kabarnya nama Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Majapahit akan segera dilaunching di Tanah Pasundan.

“Rencana insyaallah tahun ini (diresmikan),”ungkap Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Bandung, Senin, (19/03).

Namun demikian, Aher belum mau membocorkan di ruas jalan mana kedua nama jalan tersebut akan dikukuhkan. Sementara ini, pihaknya masih mengkaji dan mendalami perihal tersebut.

“Kita kaji dulu. Tunggu saja,”ucapnya.

Sejauh ini, lanjut Aher, baru tiga provinsi yang sudah menyepakati rekonsiliasi tersebut. Yakni Provinsi Jawa Barat, DIY Yogyakarta dan Provinsi Jawa Timur. Ke depan, Provinsi Jawa Tengah juga akan diikutsertakan dalam MoU tersebut.

“Ya karena Jawa Tengah juga sama etnis Jawa. Saya kira di akhir nanti kita ajak Jateng gabung juga supaya keseluruhan,”katanya.

Ditegaskan Aher, saat ini sudah bukan saatnya lagi mempertahankan emosi dan ketegangan kolektif antara dua suku besar tersebut.

“Mari kita akhiri dengan rekonsiliasi budaya. pokoknya kita bersahabat bersaudara sebagai bangsa Indonesia untuk menjadi contoh juga bagi etnis lain,”pungkasnya. (ab)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here