Melahirkan di Karmini Bisa Tak Terlalu Sakit

0
Rumah Sakit Ibu dan Anak dr Hj Karmini EH di Jalan Rumah Sakit Umum No 56-58, Kota Tasikmalaya.

Tasikmalaya, Voiceofjabar.com – Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) dr Hj Karmini EH, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, kini melayani Anestesi Epidural untuk proses persalinan.

Direktur RSIA dr Hj Karmini EH, dr Idham Muhammad menjelaskan, pelayanan Anestesi Epidural untuk proses persalinan ini diberikan untuk mengurangi rasa sakit pada pasien.

“Ini (Anestesia Epidural, red) dihasilkan dengan menyuntikan obat anestesi lokal ke dalam ruang epidural pasien. Caranya, dengan memasukan kateter ke rongga tulang belakang pasien, sehingga pemberian obat bisa dilakukan dengan kontinyu. Bahkan jika pasien merasa sakit, tak perlu main suntik lagi. Dengan sistem ini, rasa sakit yang dirasakan pasien bisa diminimalisasi,” beber Idham kepada Voiceofjabar.com Sabtu (9/9) siang.

Di tempat yang sama, dokter anastesi RSIA dr Hj Karmini EH, dr Ahmado menerangkan, Anastesi Epidural juga sering digunakan untuk memenej rasa nyeri pasien yang sedang menjalani operasi dan setelah operasi. “Juga bisa digunakan untuk membantu proses persalinan untuk meminimalisasi rasa sakit pasien melahirkan,” terang Ahmado.

Dia menambahkan, selama ini proses persalinan menggunakan sistem Anestesi Spinal, di mana kekurangannya tidak bisa memberikan obat secara kontinyu. “Kalau kadar obat habis, pasien harus disuntik ulang, bahkan durasinya hanya sekitar dua jam,” tandasnya.

Terpisah, Satuan Pengawas Internal RSIA dr Hj Karmini EH, Dr Laksmi Dwiati menambahkan, menjelang ulang tahun ke-23 RSIA dr Hj Karmini EH dan menyambut Hari Kesehatan Nasional 2017, pihaknya memberikan harga khusus paket persalinan.

“Sebagai wujud kepedulian kami kepada masyarakat, manajemen memberikan harga khusus paket persalinan. Untuk persalinan normal kami hanya mematok harga Rp4,5 juta dan untuk persalinan SC (sectio caesaria, red) kami tetapkan Rp11,2 juta,” tukasnya. (rommy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here