Marsekal Hadi segera Jalani Uji Kelayakan Calon Panglima TNI

0

Jakarta, Voiceofjabar.com – Calon Panglima TNI, KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto akan segera menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR RI, Rabu, (06/12).

Wakil Ketua Komisi I DPR TB. Hasanuddin mengatakan tahap awal uji kelayakan tersebut didahului oleh pemeriksaan administrasi calon Panglima TNI.

Setelah itu baru masuk pada tahap pemaparan visi misi. TB Hasan menyebut fit and proper test terbuka untuk umum kecuali saat pendalaman materi.

Menurut dia materi pendalaman visi-misi calon Panglima TNI akan bermacam-macam yang diajukan anggota Komisi I DPR, namun dirinya menyoroti beberapa hal.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diajukan Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo.

Hal itu diketahui saat Mensesneg Pratikno bertemu dengan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (4/12/2017) sembari menyerahkan sebuah surat dari Presiden Jokowi.

“Saya menerima Mensesneg Pratikno yang menyampaikan surat dari Presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Dan pergantian kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru,” kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Fadli juga menjelaskan, pimpinan DPR akan langsung menggelar rapat bersama pimpinan fraksi. Rapat Badan Musyawarah akan digelar siang nanti.

“Hari ini kita rapim nanti siang rencana nya dan Bamus karena ada beberapa agenda juga,” pungkas Fadli.

Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Presiden Jokowi mengirimkan nama calon pengganti Jenderal Gatot sebagai Panglima TNI untuk diuji oleh DPR RI. (ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here