Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan

0
Kemiri berkhasiat

Manfaat Kemiri atau Muncang (Aleurites moluccana) – Banyaknya kandung yang terdapat didalam biji kemiri seperti Asam Oleat, Asam Linoleat, Asam Linolenat dan kandungan zat lainnya menjadikan kemiri terutama bijinya sangat manfaat bagi tubuh kita. biji kemiri sendri bermanfaat sebagai bumbu, kesehatan, kecantikan maupun sebagai bahan bakar industri.

“Kemiri umumnya dimanfaatkan sebagai minyak namun adajuga dimanfaatkan dengan cara di bubukan secara langsung, adapun beberapa manfaat dari kemiri atau muncang (Aleurites moluccana) ini yang dirangkum oleh blog sampul pertanian adalaha sebagai berikut”

1. Sebagai bumbu masakan
Kita semua hampir mengetahuinya bahwa kemiri bisa sebagai bubu pada masakan, dengan menambahkan rempah-rempah ini pada masakan, mejanadikan masakan akan menimbulkan wangi yang berbeda dan mempunyai rasa yang sedap.

2. Menghitamkan rambut
Dengan memberikan minyak kemiri atau muncang pada rambut dipercaya akan membuat rambut menjadi lebih hitam dan berkilau, pemberiannya cukup dengan diusap sampai merata pada rambut anda

3. Mencegah kerontokan pada rambut
Kerontokan dapat mengakibatkan kebotakan,namun tidak perlu khawatir kemiri menjadi solusi atas kerontokan rambut anda, pemberian minyak dapat dengan cara diusap dan dipijat-pijat pada bagian kulit kepala.

4. Mempercepat tumbuh rambut pada banyi.
Dipercaya orang tua zaman dahulu dengan diberikanya minyak kemiri, akan membantu mempercepat tumbuhnya rambut pada bayi, caranya dengan mengusapkan minyak kemiri pada bagian rambut dan kulit kepala bayi secara perlahan.

5. Dapat mengurangi kolesterol jahat
Kemiri dapat menguragi kolesterol jahat karena mengandung Asam oleat

6. Sebagai bahan kosmetik
Kemiri mengandung asam linoleat bersifat sebagai antiradang, melembapkan, dan mengurangi risiko timbulnya jerawat

7. Sebagai bahan bakar industri
Di beberapa artikel kemiri bisa dijadikan sebagai bio oil sebagai bahan bakar Industri

Dari berbagai manfaat kemiri diatas, masih perlu di teliti lebih lanjut karena belum adanya verifikasi secara medis sehingga penggunaan minyak kemiri perlu dikonsultasikan terlebih dahulu oleh dokter, terutama jika Anda sedang mengalami kondisi kesehatan tertentu seperti alergi dan iritasi.
Sumber : Sampulpertanian

Editor : Firdaus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here