Mahasiswa UPI Bandung Sosialisasikan Taat Pajak dan Bahaya Pungli

0

Garut, Voiceofjabar.com – Mengisi tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menggelar sosialisasi stop pungli dan taat bayar pajak di Desa Situsaeur, Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut, Jumat, (10/08).

Ketua Pelaksana Luthfi Harisma Apriliansyah mengatakan acara tersebut ini diadakan mengingat kondisi masyarakat masih belum menyadari perihal seputar pungli dan masih belum memahami pentingnya bayar pajak.

“Juga masih awam mengenai pengalokasian dana pajak, acara ini mendorong masyarakat untuk bisa berevolusi agar menjadi masyarakat yang tertib dan melayani dengan bijak,”katanya kepada VOJ.

Dijelaskannya bahwa masyarakat haru mengetahui bahwa pajak merupakan suatu sumber utama pembangunan bangsa ini. Termasuk pembangunan infrastruktur. Yang tak kalah penting lagi, tandas dia, masyarakat juga harus jeli soal pungutan liar yang kerap menyasar atau bahkan melakukannya tanpa disadari.

“Budaya ini (pungli) harus segera di revolusi. Harapan saya semoga masyarakat bisa menjadi tersadar dan tergerak atas apa yang telah kita canangkan, kami berharap setalah kegiatan ini masyarakat bisa mematuhi dan tergerak dan menjadi lebih baik lagi,”harapnya.

Kepala Desa Situsaeur, Agus Mulyadi menyambut baik acara tersebut sebagai edukasi penting bagi aparatur desa di wilayahnya.

Ia menerangkan selama ini
anggaran di desanya (ADD) yang didapat dari pajak rakyat dimanfaatkan bagi kemakmuran warga. Digunakan bekerjasama dengan RT RW dan warga desa.

Salah satunya melalui program air bersih yang di subsidi dari pemerintah dan kartu sehat. Ia memastikan di desanya tidak ada kebocoran anggaran di luar keharusannya.

“Terimakasih kepada masyarakat atas kesadaran dalam membayar pajak dan juga mendisiplinkan diri untuk menjaga pungli di sekitar aparatur desa,”katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here