Mahasiswa Bandung Kecam Tindakan Represif Arapat Terhadap Mahasiwa Papua di Surabaya

0

Bandung, Voiceofjabar.com – Sekelompok mahasiswa yang mengatasnamakan Persatuan Penegak Demokrasi (PANDA) Bandung melakukan aksi solidaritas terhadap pembubaran diskusi mahasiswa Papua di Surabaya serta mengecam tindakan pelecehan aparat terhadap mahasiswi. Aksi itu digelar di Taman Panda, Jalan Merdeka, Kota Bandung kemarin.

“Ini aksi solidaritas untuk mahasiswa Papua, Surabaya dan Malang yang dibubarkan aksinya dan juga aksi soladaritas untuk mahasiswi yang ikut diskusi di sana dan dilecehkan oleh polisi,” ujar Nanang Kosim, salah mahasiswa Universitas Langlangbuana (UNILA).

Aksi massa tersebut melibatkan beberapa elemen mahasiswa dari beberapa kampus di Bandung. Yakni ITB, UNILA, UNISBA, ITENAS, UPI dan yang lainnya. Terkait soal ini, massa meminta pemerintah serius menindak oknum aparat yang telah terbukti melakukan pemaksaan.

“Kami berharap ada sikap dari pemerintah mulai tingkat Presiden dan Kapolda Jawa Timur untuk menjamin kebebasan berdiskusi dan berkumpul,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga meminta Kapolda Jawa Timur menindak tegas anggotanya yang terlibat dalam insiden memalukan itu. Sisi lain, massa juga berharap agar masyarakat menganggap semua suku pendatang sebagai saudara mereka.

“Kami juga meminta kepada masyarakat buplik tidak diskriminatif secara rasial terhadap suku Jawa, Sunda, Menado, Papua dan sebagainya, bahwa kita semua sama,” tutupnya.

Sebelumnya, telah terjadi sikap tak terpuji dari pihak kepolisian membubarkan acara diskusi mahasiswa Papua di Surabaya. Hal itu dinilai sebagai pelanggaran terhadap kebebasan berkumpul dan mengancam rasa kebangsaan. Aparat juga dituding melakukan pelecehan seksual.

Penggebekan yang dilakukan kepolisian dan TNI terhadap acara nonton bareng film 20 Tahun Biak Berdarah oleh Aliansi Mahasiswa Papua di Surabaya, Jumat (6/7) masih menyisakan kontroversi.

Ketika aparat mengaku menjalankan operasi Yustisi alias pendataan penduduk, pihak mahasiswa menuding Polri dan TNI melakukan pelanggaran terhadap kebebasan berkumpul. (rn/voj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here